6 Tips Membangun Usaha Angkringan, Modal Awal Hanya 2 Jutaan

Dari waktu ke waktu, usaha angkringan semakin di lirik banyak orang, karena dianggap sebagai bisnis yang cukup menjanjikan. Selain itu, usaha angkringan di gadang-gadang mampu mengembalikan modal dengan cepat.

Alasan tersebut bisa muncul karena, angkringan merupakan tempat yang cocok bagi semua golongan, mulai dari ekonomi menengah kebawah sampai menengah keatas bisa mencicipi menu makanan di tempat ini.

Selain itu, membuka usaha angkringan tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Sehingga, banyak orang yang ingin sekali menjalankan usaha yang satu ini.

Namun, dalam menjalankan usaha angkringan sendiri tidaklah mudah. Banyak sekali orang yang gagal menjalankan usaha angkringan. Maka dari itu, agar usaha angkringan berjalan lancar, seseorang harus mengetahui langkah-langkah membuka usaha angkringan seperti berikut.



1 Analisa Usaha

Ketika membangun usaha angkringan, seseorang pasti akan dihantui dengan perasaan khawatir. Jika mempunyai pikiran seperti itu, berarti seseorang tidak tau atau tidak yakin dengan usaha yang dijalankan.

Sebenarnya, ketika membuka usaha angkringan, seseorang harus mengetahui usaha ke depannya bagaimana?, modal yang diperlukan apa?, hingga perkiraan keuntungan yang diperoleh berapa?.

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, disini kami akan menganalisis perkiraan modal awal dan keuntungan yang didapat. Untuk lebih paham, baca penjelasan berikut ini.


 Modal Usaha Angkringan 

Modal Awal Membuka Usaha Angkringan

Modal Operasional Per Bulan

Omset Perbulan Angkringan

Perhitungan 

Untuk perhitungannya kita bisa mengasumsikan dalam satu hari saja ada 100 pelanggan, berarti 

  • 100 x Rp 1.500 (keuntungan terkecil harga makanan 1 hari) x 30 Hari = Rp 4.500.000.
  • 100 x Rp 3.000 (Keuntungan terkecil harga minuman 1 hari) x 30 hari = Rp 9.000.000.

Jadi omset kotor per bulan sebesar Rp 13.500.000.


Untuk menghitung keuntungan bersih pada bulan pertama adalah Rp 13.500.000 - Rp 8.442.000 = Rp 5.058.000. Setelah itu, kalian harus mengurangi modal awal yang dikeluarkan. Maka dapat disimpulkan, jika keuntungan bersih - modal awal (Rp 5.058.000 - Rp 2.238.000 = Rp 2.820.000). 

Jadi pada bulan pertama kalian akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 2.820.000. Jika setelahnya itu omset usaha tetap konsisten, maka keuntungan yang diperoleh perbulan sebesar Rp 5.058.000.


Perhatian : 

Biaya bahan baku di atas bukan menjadikan patokan, karena setiap daerah memiliki biaya yang berbeda-beda.

Jika kalian masih bingung cara memperoleh modal dengan mudah, coba baca artikel ini.


2 Menentukan Tempat

Tempat terkadang menjadi masalah tersendiri yang sering dialami seseorang ketika membuka suatu usaha. Dan langkah selanjutnya, kami akan memberikan sedikit gambaran tentang cara menentukan lokasi usaha yang cocok bagi anda.


Tempat yang strategis

Ada beberapa tips agar seseorang bisa menentukan tempat usaha yang benar-benar strategis, diantaranya: 

  • Pilihlah tempat di pusat keramaian (contoh : alun-alun kota, stadion, tengah kota, perkantoran, dan masih banyak lagi)
  • Usahakan memilih tempat usaha yang cukup luas.
  • Pastikan lokasi usaha kalian mudah terlihat.

Target Pengunjung

Target pengunjung sangatlah penting untuk di pertimbangkan. Semisal target market seseorang adalah mahasiswa, maka lokasi usaha harus berdekatan dengan kampus.

Namun jika target marketnya adalah pekerja kantoran, pastikan lokasi angkringan tidak jauh-jauh dari kantor-kantor perusahaan. 


Biaya Sewa

Langkah terakhir, pikirkan kembali mengenai budget modal yang dimiliki. Ada beberapa opsi agar seseorang bisa mendapatkan tempat yang diinginkan dan tentu sesuai dengan budget yang dimiliki.

a. Modal Cukup

Jika mempunyai modal yang cukup, maka seseorang bisa menyewa tempat strategis dalam menjalankan usaha angkringan. Karena dengan cara begini, prospek usaha angkringan menjadi lebih lancar.

Biasanya, orang yang memiliki modal cukup memilih untuk membeli tanah atau menyewa lahan kosong/ruko.

b. Modal Terbatas

Memiliki modal terbatas sebenarnya bukan menjadi alasan untuk membuka usaha angkringan. Ada salah satu cara agar seseorang bisa membuka usaha angkringan adalah dengan bekerjasama.

Misal : jika ada teman yang memiliki lahan kosong dan tidak digunakan, padahal tempat tersebut sangat strategis, maka kalian bisa mengajaknya untuk bekerjasama. Jadi kalian sebagai pengolah usaha angkringan dan teman kalian sebagai modal tempat. Nantinya, jika angkringan berjalan lancar, gunakan sistem bagi hasil.

Ingat pepatah, "ada banyak jalan menuju roma", jadi lakukan dengan niat sungguh-sungguh ya sob.

 

3 Menentukan Harga dan Menu

Kebanyakan usaha angkringan menyediakan menu makanan dan minuman seperti : 
  • Nasi Kucing/Nasi Jotos
  • Kerupuk
  • Snack Kecil
  • Gorengan (tahu goreng, tempe goreng, heci, dan sebagainya)
  • Es teh, Es Jeruk, Susu Jahe, Kopi, Kopi Sachet dan lain-lain.
Sebisa mungkin, usaha angkringan kalian menyediakan menu yang lengkap. Selain itu, pastikan harga menu di usaha angkringan tidak terlalu mahal. Karena kebanyakan angkringan memiliki pengunjung yang berasal dari semua golongan.

Dengan menerapkan cara ini, bisa jadi usaha angkringan kalian akan cepat dikenal banyak orang.

4 Pelayanan dan Fasilitas

Pelayanan Di Angkringan

Memberikan pelayanan yang baik menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan usaha. Agar pelayanan yang terbaik muncul, diperlukan karyawan ulet, jujur, murah senyum, pekerja keras, dan ramah.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan karyawan seperti itu, namun dengan melatihnya, pelayanan terbaik kepada pelanggan bisa terwujud.

Selain itu, perhatikan fasilitas yang kalian berikan. Banyak orang yang memilih angkringan karena ada WiFinya. Jadi pastikan WiFi ada di angkringan kalian.

Selain itu, agar menambahkan kepuasan pelanggan, kalian bisa menambahkan stop kontak, live music, dan sebagainya.

5 Promosikan Usaha Anda

Digital Marketing

Di jaman sekarang, promosi memiliki peran penting dalam mengembangkan suatu usaha. Untuk melakukan promosi, kalian bisa menggunakan media sosial.

Mengapa harus menggunakan media sosial? 

Karena.. selain efektif, promosi media sosial juga membutuhkan biaya yang tidak terlalu mahal. Contoh aplikasi media sosial yang bisa digunakan untuk mempromosikan suatu usaha seperti Instagram, Youtube, Tiktok, Whatsapp, dan lain-lain. 


6 Membuka Cabang

Coffe shop

Setelah kalian berhasil mengembangkan 1 usaha angkringan, jangan lupa untuk memikirkan membuka cabang usaha lainnya. Hal ini bertujuan, agar usaha kalian bisa berkembang pesat dan tentu omset akan ikut bertambah.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengetahui cara membuka cabang usaha, klik disini.


Baca Juga : Rahasia Cepat Sukses Membuka Usaha Toko Kelontong

Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "6 Tips Membangun Usaha Angkringan, Modal Awal Hanya 2 Jutaan"