Rahasia Cepat Sukses Membuka Usaha Toko Kelontong

Cara Membuka Usaha Toko Kelontong
Toko kelontong merupakan toko kecil yang biasanya terletak di pedesaan maupun di sekitar lingkungan kita.

Toko kelontong biasanya menjual berbagai kebutuhan sehari-hari seperti gula, sabun, beras, minuman, pasta gigi dan masih banyak lagi. 

Namun terkadang usaha toko kelontong sering diremehkan banyak orang, karena banyak menganggap pendapatan yang dihasilkan sedikit.

Dibalik anggapan itu, ternyata toko kelontong bisa menghasilkan keuntungan yang fantastis. Bahkan omset dari satu toko saja, bisa meraup keuntungan puluhan juta. 

Bisa dibilang usaha satu ini sangat menjanjikan, karena usaha toko kelontong belum banyak di lirik orang. Untuk memuluskan jalan kalian ketika membuka usaha kelontong, sebaiknya pelajari point-point penting dibawah ini. 



Langkah Awal Membuka Usaha


Seseorang yang baru mengenal tentang usaha toko kelontong, pasti lebih sering mengalami kebingungan. Sebenarnya, toko kelontong merupakan usaha yang cukup mudah dipahami dari pada usaha lainnya.

Menurut pengalaman berbagai pemilik toko kelontong yang saya temui, ada 3 hal yang perlu kalian ingat untuk awal membuka usaha toko kelontong.

1| Niat

Keinginan Berbisnis
Ketika membuka usaha toko kelontong, seseorang harus mempunyai niat yang kuat terlebih dahulu.

Di awal-awal menjalankan usaha ini, pasti kalian akan menerima semacam kritikan dari pelanggan yang menurut saya cukup berguna untuk kedepannya. 

Kejadian tersebut sangat wajar dialami seseorang di awal menjalankan usaha ini, karena barang di toko terkadang di selengkap dari toko lainnya.

Selain itu, agar hasil yang kalian dapat maksimal, diperlukan ekstra kerja keras dalam menjalankan usaha ini.

Jadi benar-benar siapkan niat dulu ya, fokus serta konsisten dalam mengembangkan usaha ini. 

2| Siapkan Modal

Modal Uang
Usaha toko kelontong memang memerlukan modal yang dibilang cukup kecil. Biasanya modal yang diperlukan untuk membuka usaha toko kelontong berkisar 1 juta sampai 5 jutaan.

Kisaran modal yang saya sebutkan tadi merupakan modal toko kelontong dengan barang yang ada tidak lengkap.

Namun jika ingin barang yang ada di toko lebih banyak, pasti modal yang diperlukan lebih besar dari pada modal yang saya sebutkan tadi.

Jika kalian bingung cara mendapatkan modal dengan cepat, baca artikel ini.

3| Memilih Tempat

Google Maps Usaha
Ketika point 1 dan 2 sudah kalian pahami, tentukan tempat usaha yang diinginkan. Ada dua pilihan untuk membuka usaha toko kelontong, yaitu di rumah atau menyewa tempat.  

Biasanya seseorang memilih membuka tempat toko kelontong di rumah, namun tidak salahnya untuk menyewa kios atau ruko ketika memiliki modal yang cukup besar. 



Cara Mengembangkan Toko Kelontong


Langkah selanjutnya, siapkan strategi khusus dalam menghadapi kompetitior kalian. 

Karena jika usaha yang di jalankan tidak memiliki konsep terarah, al hasil toko yang kalian bangun bisa saja mengalami kendala di tengah jalan.

Untuk meminimalisir resiko yang buruk terhadap toko kelontong anda, untuk lebih lengkapnya pelajari langkah dibawah ini : 

1| Survei Kebutuhan Pembeli

Orang Sedang Membeli Produk
Saat awal-awal membuka usaha toko kelontong, sebagian orang ternyata masih bingung terhadap barang apa yang nantinya akan dijual.

Agar barang yang dijual cepat laku, cari tau apa yang dibutuhkan konsumen saat ini.

Ketika tau barang apa saja yang diperlukan konsumen sekitar, maka otomatis konsumen memilih berbelanja di toko kelontong kalian dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2| Tempat Kulakan

Mengirim Barang Ke Toko
Agar barang yang kalian jual dapat bersaing dengan toko kelontong lainnya, carilah pemasok atau agen yang benar-benar terbukti kualitas barang dan harganya.

Hal ini bertujuan agar barang yang dijual kembali bisa bersaing dengan toko lainnya.

3| Tentukan Harga

Daftar Belanja Toko
Menentukan harga barang toko harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati.

Masalahnya, jika harga barang yang dimiliki sedikit mahal, bisa saja pelanggan kalian bakal beralih di toko kelontong lainnya. Walaupun harga barang toko kalian selisih Rp 500 saja, orang akan beralih di toko lainnya.

Untuk menghindari kejadian tadi, cari referensi harga toko kelontong disekitar kalian. Toko kelontong biasanya tidak mengambil untung besar, karena perputaran uang di toko kelontong cukup cepat.

Dari pengalaman saya, rata-rata pemilik toko kelontong mengambil keuntungan 5% - 20% dari setiap penjualan barangnya.

4| Lengkapi Barang

Barang di Toko Lengkap
Toko kelontong sangat disenangi konsumen ketika barang yang dijual lengkap. Biasanya para pemilik toko menggunakan hasil keuntungannya untuk berbelanja barang yang belum ada di rak toko.

Karena ketika jenis barang di toko kelontong lengkap, pasti dari hari ke hari penghasilan yang didapat juga meningkat.

5| Tampilan Toko

Rak Toko Kosong
Untuk menarik konsumen, dekorasi toko kelontong juga harus bagus. Toko kelontong dapat dikatakan bagus ketika barang yang dijual disusun rapi berdasarkan dengan jenis barang.

Hal itu bertujuan, agar pembeli bisa nyaman dan tidak kebingungan untuk memilih barang. 

Selain itu, usahakan toko anda terlihat rapi dengan penerangan toko terlihat jelas, serta kalian bisa juga menambahkan fasilitas lain seperti AC atau kipas angin.

Hal ini sangat penting, agar toko kelontong kalian jalankan bisa bersaing dengan supermarket dan toko kelontong lainnya.

6| Pelayanan

Tempat Kasir
Pelayanan merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik toko. Ketika pelayanan yang dijalankan buruk, maka konsumen bisa-bisa menjadi trauma dan enggan membeli barang di toko kelontong kalian. Jadi sebisa mungkin berikan pelayanan terbaik kepada konsumen. 

7| Manfaatkan Marketplace

Toko Online
Toko online sekarang ini menjadi primadona bagi pelaku usaha, sebab toko online bisa menjangkau lebih banyak konsumen di berbagai wilayah.

Tidak ada salahnya jika barang yang ada di toko coba kalian jual juga di toko online.

Sebab, jualan di toko online bisa menambah pemasukan toko kelontong anda.

8| Promosi

Promosi Toko Kelontong
Untuk menarik daya beli masyarakat disekitar kalian, sekali-kali buatlah harga diskon dengan minimal belanja yang ditentukan. Namun sebelum membuat harga diskon, pastikan kalian memperhitungkan barang yang akan diberi diskon.

Selain harga diskon, promosikan toko kelontong anda di media sosial. Agar toko kelontong yang anda dirikan dapat dikenal banyak orang. Pastikan juga toko kelontong anda terdaftar di google maps.

Kelebihan Toko Kelontong


Setelah membahas banyak sekali mengenai langkah awal dan cara mengembangkan toko kelontong, selanjutnya kita akan membahas mengenai kelebihan dari usaha ini.

1| Mudah Di Pelajari

Hasil Memuaskan
Toko kelontong sejatinya merupakan usaha yang terbilang mudah untuk dipahami.

Kegiatan sehari-hari yang dijalankan usaha toko kelontong hanya sekedar berjualan dan mencari suplier dengan harga barang semurah mungkin.

Maka dari itu, semua orang bisa mempelajari  usaha ini walaupun dengan cara otodidak.

2| Perputaran Hasil Pendapatan Cepat

Orang Miliarder
Umumnya, barang yang ada di toko kelontong merupakan barang yang sehari-hari dibutuhkan setiap orang.

Tak heran, jika barang yang kalian jual cepat laku. Sehingga rata-rata perputaran uang di toko kelontong sangatlah cepat.

3| Keuntungan Besar

Keuntungan Pengusaha
Keuntungan yang diperoleh usaha toko kelontong dibilang cukup besar. Karena hanya modal jutaan, toko kelontong mampu meraup puluhan juta perbulannya.

Namun yang perlu digaris bawahi, keuntungan yang besar bisa diraih dengan strategi yang tepat. 


Jadi, apakah kalian tertarik dengan usaha toko kelontong?
Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "Rahasia Cepat Sukses Membuka Usaha Toko Kelontong "