Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengen Cepat Berkembang? Simak 7 Tips Membuka Cabang Usaha Baru

Bisnis Toko Offline

Mengembangkan usaha dari kecil memang tidaklah mudah. Namun jika kalian sudah melewati masa-masa itu, berarti ada tahap selanjutnya yang perlu kalian lakukan untuk mencapai target maksimal. 

Agar usaha kalian dapat berkembang dan bertahan lama, jangan lupa memikirkan untuk membuka usaha di berbagai tempat atau istilahnya membuka cabang usaha. 

Hal yang perlu kalian ketahui, karena banyak pengusaha yang belum tau atau masih bingung bagaimana cara membuka cabang usaha dengan cara yang benar. 

Hal tersebut bertujuan, agar ketika membuka cabang usaha baru dapat berjalan lancar. 

Untuk lebih jelasnya kalian bisa membaca artikel di bawah ini.



1 Tempat Usaha Pertama Lancar

Pengunjung Yang Banyak

Ilmu dasar yang perlu diketahui oleh pengusaha ketika membuka cabang adalah pastikan tempat usaha pertama berjalan lancar. Karena jika tempat usaha pertama kalian masih ada masalah, untuk ke depannya kalian akan mengalami kesulitan.

Ketika sudah memutuskan membuka cabang, pemilik harus lebih memperhatikan aspek apapun, aktivitas dan strategi dalam menjalankan tempat usaha baru tersebut.

Jika syarat tersebut belum terpenuhi, bisa saja usaha yang kalian jalankan lenyap begitu saja. Maka dari itu, diperlukan ke hati-hatian seseorang ketika membuka cabang usaha baru.

2 Persiapan Modal

Uang Banyak

Untuk membuka cabang usaha baru, saya menyarankan untuk mempersiapkan modal dulu. 

Ketika membuka cabang usaha baru, jangan sekali-kali menggabungkan uang usaha pertama dengan modal usaha kedua, karena hal ini memiliki resiko besar dalam keuangan anda.

Membuka cabang usaha baru sangatlah bagus ketika menggunakan dana sendiri, atau dari investor. Karena hal ini lebih terancang dan lebih aman untuk kedepannya

Maka dari itu, diperlukan seseorang dalam memperhitungkan modal dengan teliti dalam hal membuka cabang usaha baru.

Jika kalian mengalami kesulitan dalam memperoleh modal usaha, kalian bisa membaca artikel ini 13 Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Cepat 

3 Analisis Tempat 

Pembicaraan Rekan Bisnis

Untuk membuka tempat usaha yang baru, pastikan kalian dapat menentukan tempat yang strategis untuk perkembangan usaha ke depannya. 

Pastikan tempat yang kalian tempati dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas. Selain itu, pertimbangkan letak keamanan dari segi apapun di tempat usaha baru kalian. 

Jika hal ini kalian pertimbangkan dengan matang, maka tempat usaha baru yang kalian jalankan bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

4 Pilih SDM Yang Tepat

Orang Berfikir dengan Keras

Untuk memperlancar tempat usaha baru, seseorang perlu memikirkan pelayanan yang diberikan.

Dalam memenuhi standar kepuasan pelanggan, tempat usaha baru memerlukan orang yang tepat dalam menjalankan konsep ini.

Salah satu solusi menghadapi masalah tersebut dengan merekrut kepala cabang. Hal ini bertujuan, agar kalian tidak kewalahan dalam menjalankan usaha.

Namun, untuk memilih seseorang yang tepat, kalian harus mengetahui kriteria orang tersebut seperti jujur, berkompeten, pekerja keras, dan memiliki tanggung jawab tinggi dalam menjalankan tugas yang diberikan.

Dengan begitu, kalian akan merasakan sensasi yang luar biasa ketika menjalankan usaha baru.

5 Strategi Menghadapi Pesaing

Rundingan Bersama Teman

Dalam dunia usaha, pasti tidak asing ketika membicarakan mengenai para pesaing usaha

Mencermati pesaing di sekitaran cabang baru, membuat kita tau tentang kelemahan dan keunggulan pesaing.

Dengan melihat hal tadi, kalian bisa mengambil momentum untuk memberikan hal baru yang jarang dipikirkan para pesaing seperti, promo, diskon, pelayanan terbaik, gratis ongkir dan lain-lain.

Jadi yang perlu digaris bawahi dalam membuak cabang baru adalah strategi marketing, inovasi, dan momentum.

6 Siapkan Syarat Dokumen Baru

Menyiapkan Dokumen

Tahap selanjutnya, siapkan dokumen-dokumen penting untuk syarat dalam membuka cabang usaha baru. 
Dokumen yang kalian siapkan seperi Akta dan SK Perusahaan Induk, NPWP Perusahaan Induk, Izin Usaha Perusahaan Induk, KTP serta NPWP Kepala Cabang juga Surat Pernyataan tentang lokasi usaha kantor cabang
Jika kalian tidak tahu mengenai hal tersebut, mintalah bantuan notaris dalam mengurus dokumen-dokumen tersebut.

7 Harus Yakin

Berdoa Dengan Sungguh-Sungguh

Ketika membuka cabang usaha baru, pastikan kalian mempunyai niat yang sungguh-sungguh.

Sebagian besar para pengusaha memiliki formula yang membuat seseorang sukses seperti berani memulai, selalu belajar dai kesalahan, berinovasi, yakin dengan diri sendiri, menemukan peluang sekecil apapun dan berdoa.

Setelah membaca artikel ini, apakah kalian siap membuka cabang baru?

Posting Komentar untuk "Pengen Cepat Berkembang? Simak 7 Tips Membuka Cabang Usaha Baru"