13+ Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Cepat dan Mudah


Dalam dunia usaha tidak lengkap rasanya kalau tidak membahas tentang hal permodalan. Modal merupakan senjata paling banyak digunakan oleh para pengusaha dalam mengembangkan suatu usaha. 

Namun di jaman sekarang, banyak sekali seseorang yang mengalami kesulitan untuk memperoleh modal usaha.

Hal ini bisa terjadi karena ketidaktahuan seseorang mengenai informasi seseorang dalam memperoleh modal tersebut. 

Padahal jika dapat berpikir jeli dan melihat peluang yang ada, modal bisa diperoleh dengan mudah dan salah satunya lewat orang-orang disekitar kita. 

Agar kalian mudah mendapatkan modal dengan cepat, kalian bisa membaca artikel ini sampai selesai sehingga masalah ada dapat terselesaikan dengan cepat, dan berikut caranya.



1 Tabungan Sendiri

Mengumpulkan uang koin

Nah, cara mudah mendapatkan modal dengan cepat yaitu dengan cara memakai tabungan kalian sementara. 

Dengan memakai tabungan sendiri, kalian tidak perlu repot-repot kesana-kesini mencari modal usaha.

Menggunakan cara ini membuat kalian akan lebih cepat dalam memulai usaha yang kalian impi-impikan selama ini.

Jika ingin mengetahui seputar tips menabung dengan benar silahkan baca artikel ini.

2 Keluarga 

Pembisnis Sukses

Keluarga merupakan bagian terindah yang kita miliki, ketika susah maupun senang keluarga selalu ada di sebelah kita.

Jika kalian mempunyai orang tua dari segi finansial bagus, tidak salahnya kalian bercerita dan berdiskusi tentang usaha yang akan kalian kembangkan. 

Nah, pastikan usaha yang kamu diskusikan dengan orang tua tidak asal pilih dan harus melalui tahap analisis dulu.

Hal itu bertujuan agar orang tau bisa percaya dengan usaha kalian dan setiap pertanyaan dari orang tua bisa kalian jawab dengan lancar. 

Tidak hanya orang tua saja, jika kalian mempunyai adik, kakak, atau saudara lainnya yang sudah bagus dalam segi finansialnya, kalian bisa mempraktekannya seperti orang tua kalian. 

Namun jika diberi modal oleh orang tercinta, kalian harus benar-benar memperjuangkan usaha tersebut sampai berkembang, agar kepercayaan kalian tetap terjaga.

3 Teman

Membangun Tim Yang Kompak

Teman merupakan solusi alternatif selanjutnya untuk mendapatkan modal usaha dengan cepat. Karena jika kalian berhasil diberi modal oleh teman kalian, kebanyakan modal tersebut tidak mengunakan jaminan.

Namun jaminan sebenarnya bukanlah uang, melainkan rasa kepercayaan. Ketika usaha yang kalian jalankan benar-benar gagal, pasti teman kalian tidak akan mau lagi memberikan modal atau kerjasama dengan kalian. 

Jika menceritakan bisnis ke teman kalian, nantinya pasti akan diberi beberapa pertanyaan seperti pembagian keuntungan, tujuan bisnis, gambaran bisnis, dan sebagainya.

4 Jual Aset

Motor Mahal

Ketika memulai usaha, pasti terdapat pengorbanan yang harus diambil seseorang dalam membuka suatu usaha, salah satunya menjual aset berharga.

Jika kalian ingin menjual aset yang berharga, kalian harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari penjualannya dengan cermat. 

Setelah itu, pikirkan peluang usaha yang hendak dijalankan, agar jika ada apa-apa kalian tidak menyesali tindakan tersebut. Biasanya aset yang sering dijual sebagai modal adalah motor, mobil, perhiasan, dan benda berharga lainnya.

5 Menggadaikan Aset

Cincin Pernikahan

Jika tidak mau aset hilang begitu saja, kalian bisa menggadaikan aset berharga yang di miliki. Namun, jika kalian tidak bisa menebus barang yang kalian gadaikan, siap-siap barang yang kalian punya hilang begitu saja. Gimana guys, apakah kalian tertarik dengan cara ini?.

6 Kerja Sebentar

Pelayan Bar

Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri dalam memperoleh modal usaha, salah satunya dengan cara kerja dulu. Banyak pengusaha muda memperoleh modal dengan cara yang satu ini. 

Dengan cara ini, kalian harus menyisihkan setiap gaji yang telah di kumpulkan sesuai target modal yang hendak kalian gunakan dalam usaha nantinya. 

Jika modal tersebut sudah terkumpul, kalian bisa mengajukan resign di tempat anda bekerja.


7 Crowdfunding

Bisnis Bersama

Crowdfunding merupakan praktek pendanaan yang dilakukan sejumlah orang untuk memodali suatu usaha yang umumnya dilakukan melalui situ-situs di internet. 

Jika ingin mendapatkan modal dengan metode ini, kalian harus membuat syarat seperti proposal yang unik dan mendaftar akun ke situs tersebut, agar usaha yang kalian ingin buat bisa dilihat banyak orang. Selain itu, proses yang satu ini cukup mudah dan cepat untuk dipraktekkan.

8 Pelatihan Dari Pemerintah

Kerja Bersama Teman

Untuk memajukan pelaku usaha di indonesia, biasanya pemerintah berkontribusi langsung dalam hal memajukan usaha bagi pelaku umkm di indonesia. 

Kontribusi yang dilakukan pemerintah, salah satunya melalui program-program pelatihan seperti cara memasarkan produk, mengasah skill, bahkan memberikan modal usaha ke sebagian orang. 

Jika ada program pemerintah seperti ini, jangan lupa daftar ya.

9 Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Pinjaman Uang

Kredit usaha rakyat merupakan program pemerintah yang didalamnya terdapat program pemberian modal bagi pelaku usaha. 

Jenis usaha yang dapat mengikuti program Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah pertanian, perikanan, kelautan, industri bahkan sampai usaha simpan pinjam. 

Dengan pinjaman yang cukup rendah dan tenor pinjaman yang cukup lama membuat para umkm memilih cara satu ini untuk memperoleh modal.

10 Pinjaman Bank

Uang di dalam koper

Tak asing bagi pengusaha jika mendengarkan modal usaha dari bank. Bank merupakan solusi yang dianggap sangat membantu dalam urusan permodalan oleh pelaku usaha di indonesia. 

Proses pencairan bank juga sangat mudah dan cepat. Namun perlu kalian ketahui, hanya orang-orang memenuhi syarat bank saja yang berhak mendapatkan pinjaman modal. 

Maka dari itu sebelum mengajukan pinjaman ke bank, sebaiknya cek dulu syarat dengan lengkap dan teliti.

11 Investor


Mencari investor merupakan langkah yang tepat dalam mengembangkan bisnis atau usaha kalian. Jika si investor setuju dengan ide dan tau tentang prospek bisnis kalian bagus, maka kalian akan mendapatkan modal usaha dengan cepat. 

Dalam perjanjian ini, tidak ada pihak ketiga di dalam kerjasama kalian dengan si investor. Namun perjanjian tersebut harus disepakati dengan tanda tangan hitam di atas putih.

12 Modal Dari Venture

Modal Venture

Ajaklah teman atau orang dekat disekitar kalian untuk membangun sebuah bisnis dengan modal patungan. 

Modal bisnis dengan join venture ini mempunyai aturan yang berlaku. Jika keuntungan dan kerugian ditanggung oleh kedua-duanya, selain itu pekerjaan dan modal pun harus seimbang. 

Jika sudah, lakukan perjanjian tertulis tentang pembagian hasil dengan partner bisnis kalian. Hal ini bertujuan menghindari konflik di kemudian hari.

13 Modal Pelanggan

Pembayaran Kepada Customer

Jika kalian terjun di usaha kuliner seperti catering, ternyata ada cara tersembunyi untuk mendapatkan modal. Modal tersebut bisa kalian peroleh dari konsumen sendiri dengan sistem membayar uang muka dulu ketika memesan makanan.

Jadi ketika pelanggan hendak memesan makanan, pelanggan harus membayar uang muka beberapa persen dulu kepada kalian.

Nah dari modal sedikit tadi, kalian bisa menggunakan uang tadi untuk belanja kebutuhan pesanan makanan tersebut. 

Kemudian, sisa uang yang belum di kasih kepada kalian, merupakan cikal bakal keuntungan dari bisnis kuliner ini.

Contoh tersebut bisa kalian praktekkan di bisnis lainnya.

Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "13+ Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Cepat dan Mudah"