Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Strategi Pemasaran Frozen Food Yang Efektif Dan Mudah

Pemasaran Frozen Food

Frozen food merupakan salah satu usaha dibidang kuliner yang produknya dikemas dan dibekukan. 

Ada beberapa contoh produk frozen food yang sangat laku dipasaran misalnya daging ayam atau sapi beku, dimsum, kebab, kentang goreng, bakso, sosis, nugget, dumpling, bakpao mini, donat, hingga cireng 

Dari waktu ke waktu, usaha frozen food sudah berkembang sangat pesat, sebab terdapat banyak sekali permintaan dari berbagai daerah. Dengan melihat fenomena tersebut, maka diperlukan strategi pemasaran frozen food yang tepat. 

Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan 12 strategi pemasaran frozen food secara lengkap dan tepat.



1 Tentukan Target Pasar 

Langkah pertama dalam menerapkan strategi pemasaran frozen food ialah menentukan marketnya. Anda bisa membuat analisa sendiri seperti tentang wilayah, pekerjaan, umur, hingga gander yang cocok untuk dijadikan target penjualan frozen food.

Hal ini bertujuan agar bisa menentukan produk frozen apa saja, yang cocok untuk kita jual kepada para calon pembeli.

Perlu Anda ketahui, umumnya target pemasaran frozen food adalah Ibu rumah tangga, anak-anak, dan para remaja.

2 Tentukan Supplier Terbaik 

Ketika kita sudah memilih produk apa yang ingin dijual, maka langkah selanjutnya adalah mencari dan menentukan supplier yang terbaik.

Anda bisa membandingkan supplier yang satu dengan supplier yang lain dengan melihat dari segi bahan baku atau produknya, kemasan, lokasi, hingga paling penting adalah harganya. 

Dengan cara seperti ini, diharapkan strategi pemasaran frozen food bisa lebih tepat dan menjanjikan.

3 Buat Unik Produk Frozen Food Anda

Ketika menjalankan usaha frozen food, usahakan produk Anda memiliki ciri khas yang unik dan tentu berbeda dengan produk frozen lainnya.

Keunikan yang bisa Anda terapkan di dalam olahan produk Anda sangatlah bermacam-macam misal terbuat dari bahan nabati, rendah lemak, rendah kalori, permintaan tanpa minimal order, tahan lebih lama dari produk frozen food lainnya, dan sebagainya.

Dengan ciri khas tersebut, maka Anda berpotensi memenangkan persaingan usaha frozen food di sekitar.

4 Usahakan Produk Frozen Food Anda Beragam 

Untuk menerapkan strategi pemasaran frozen food yang bagus, salah satu yang bisa dilakukan adalah mencoba menjual berbagai olahan produk frozen food yang beragam dan lengkap. Karena, pada dasarnya setiap orang memiliki pilihan sendiri dalam menentukan jenis olahan frozen food yang disukai.

Dengan begitu, banyak orang yang menyukai usaha frozen food Anda, sebab mereka bisa melihat banyak pilihan produk frozen food yang bagus untuk dikonsumsi.

5 Branding Produk Frozen Food

Produk Frozen Food

Membranding produk dengan baik merupakan salah satu strategi pemasaran produk frozen food selanjutnya yang bisa Anda tiru dan terapkan.

Membranding produk bisa Anda lakukan secara online maupun offline. Dengan begitu, Anda bisa memulai branding produk frozen food dengan sebaik-baiknya, mulai dari kemasan, logo usaha, nama usaha, hingga lainnya.

Branding yang kuat, tentu akan membuat usaha Anda semakin dikenal dan mudah diingat di benak calon customer.

6 Daftarkan Lisensi Makanan Usaha Frozen Food Anda

Salah satu kepercayaan masyarakat dalam membeli berbagai produk olahan makanan yang ada di pasaran yaitu dengan melihat izin atau lisensi makanan dari pemerintah.

Contohnya seperti Sertifikat Halal dari MUI hingga mendapatkan dari izin BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).

7 Manfaat Berbagai Aplikasi Media Sosial

Salah satu strategi pemasaran frozen food selanjutnya adalah memanfaatkan aplikasi media sosial. Sebab di era sekarang ini, pengguna media sosial dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Anda bisa memulainya seperti membuat akun media sosial (Facebook, Instagram, TikTok, dll), lalu membuat konten yang menarik audiens untuk mengunjungi akun media sosial Anda, dan produk yang dijual bisa dilihat oleh berbagai pengguna media sosial yang ada. 

8 Promosikan Frozen Food Anda Di Website 

Selain media sosial, mempromosikan frozen food secara online di salah satu situs ternyata bisa membuat penjualan Anda meningkat. Salah satunya adalah situs profitnesia.

Apa yang didapat ketika mempromosikan usaha frozen food Anda di website kami, diantaranya sebagai berikut :
  • Efektif dan menghemat biaya,
  • Jangkauan lebih luas,
  • Iklan tayang selamanya,
  • Bisa muncul dengan cepat di pencarian google,
  • Proses pasang iklan lebih cepat dari website lainnya,
  • Menggunakan analisis seo yang berkualitas,
  • Dan masih banyak lagi.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi jasa promosi usaha di label jasa situ kami.

9 Mencoba Beriklan Di Berbagai Platform Online

Cobalah untuk beriklan di berbagai platform online agar pemasaran usaha frozen food bisa berhasil. Anda bisa beriklan di Instagram, Facebook, Youtube, Google Ads, Tiktok, dan sebagainya. 

Tapi perlu diingat, bahwa sebelum beriklan di paltform online, Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan budget promosi.  


10 Jual Di Marketplace

Platform jual beli yang paling digemari masyarakat Indonesia adalah marketplace. Traffic marketplace ternama yang ada di Indonesia bahkan bisa mendatangkan pengunjung puluhan juta perbulannya.

Melihat potensi besar ini, maka strategi pemasaran frozen food kemungkinan berhasil sangatlah besar. Untuk menjualnya, Anda bisa menggunakan marketplace ternama seperti Tokopedia, Shoppe, Bukalapak, Hingga Lazada.

11 Menggunakan Sistem Reseller

Menggunakan sistem reseller dianggap sebagai salah satu cara konvensional yang bagus dalam pemasaran usaha frozen food. Untuk mendatangkan reseller yang banyak, maka Anda perlu membuat program yang menarik.

Dengan menggunakan sistem reseller, memasarkan produk frozen food terbukti lebih efektif. Sebab, banyak jenis usaha lain yang menggunakan cara seperti ini.

12 Kembangkan Usaha Dengan Sistem Franchise

Strategi pemasaran frozen food yang terakhir adalah menerapkan sistem waralaba atau franchise. 

Agar menarik seseorang bergabung di dalam sistem waralaba Anda, maka buatlahprogram paket investasi usaha yang menarik. Dengan menerapkan sistem ini, usaha frozen food Anda bisa berkembang dengan cepat.  



Itulah merupakan 12 strategi pemasaran frozen food secara tepat. Perlu diingat, bahwa sukses berhasilnya usaha frozen food tergantung usaha yang Anda lakukan.

Posting Komentar untuk "12 Strategi Pemasaran Frozen Food Yang Efektif Dan Mudah"