Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali 7 Resiko Usaha Nasi Pecel | Pemula Wajib Tau!

Nasi Pecel Daun Pisang
Nasi Pecel Pincuk

Di dalam dunia usaha manapun pasti terdapat resiko, entah itu resiko kecil atau resiko besar. Tak terkecuali dengan usaha nasi pecel sendiri, terdapat beberapa resiko yang mungkin Anda belum ketahui.

Nah, sebelum Anda ingin membuka usaha nasi pecel, alangkah baiknya untuk mengetahui resiko kedepannya. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Dan sesuai tema kali ini, kita akan membahas topik mengenai resiko usaha nasi pecel secara lengkap dan detail. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini



1 Kompetitor Usaha Nasi Pecel di Pulau Jawa Cukup Tinggi


Perlu Anda ketahui, bahwa persaingan usaha nasi pecel di pulau jawa cukup tinggi. Terutama di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Melihat persaingan tersebut, jika ingin membuka usaha nasi pecel, maka Anda siap-siap untuk memutar otak dan ekstra kerja keras untuk menjalankan usaha kedepannya.

Jadi, apakah kita bisa bersaing dengan pelaku usaha nasi pecel lainnya di Pulau Jawa? 

Jawabannya adalah bisa, asal tau strategi khusus untuk menjalankannya. 

Tapi perlu diingat, jika Anda bisa menemukan strategi menjalankan usaha nasi pecel dengan tepat, maka usaha ini bisa mendulang cuan yang menggiurkan.

Hal tersebut mengingat bahwa peminat nasi pecel di Pulau Jawa cukup tinggi.

2 Resiko Persaingan Cukup Rendah di Luar Pulau Jawa

Resiko usaha nasi pecel sangat rendah jika Anda menjalankan usaha nasi pecel di luar Jawa. Hal tersebut diimbangi dengan rasa nasi pecel disana. 

Kebanyakan, rasa nasi pecel di luar Jawa tergolong biasa saja alias tidak seenak di Pulau Jawa. Jadi jika Anda tau resep nasi pecel yang enak dan bertempat tinggal di luar Pulau Jawa, maka itu merupakan momen terbaik bagi Anda untuk membuka usaha ini.

3 Resiko Persaingan Rasa Nasi Pecel Yang Ketat   

Sebenarnya, citra rasa yang enak merupakan kunci kesuksesan usaha nasi pecel. Rasa yang enak membuat para perlanggan berdatangan dan mencari-cari nasi pecel buatan Anda.

Maka dari itu, Anda dituntut bisa membuat nasi pecel yang enak, terutama bumbu pecelnya. Sebab, persaingan rasa pecel cukup tinggi, terutama di wilayah Jawa.


4 Resiko Persaingan Harga Nasi Pecel

Resiko usaha nasi pecel selanjutnya adalah persaingan harga. Untuk mengantisipasi persaingan harga yang tidak sehat, maka Anda perlu memperhitungkan harga nasi pecel dengan cermat serta teliti.

Selain itu, jangan sekali-kali memberikan harga nasi pecel yang terlalu rendah dan terlalu tinggi. Sebab, hal tersebut justru akan berdampak kepada usaha Anda sendiri.

5 Resiko  Pemilihan Tempat

Nasi Pecel di Madiun
Nasi Pecel Madiun

Pemilihan tempat harus benar-benar di pikirkan untuk usaha kedepannya. Jika targetnya hanya lingkungan sekitar, maka Anda bisa membuka usaha di rumah saja.

Jika Anda ingin mengincar pangsa pasar yang besar, Anda bisa membuka usaha di tempat-tempat ramai ataupun strategis. Kebanyakan cara seperti ini memiliki resiko yang cukup tinggi, akan tetapi hasil yang didapat juga sangat menguntungkan.

6 Resiko Persiapan Modal

Memang di dalam usaha, modal bukanlah segalanya. Tapi akan lebih baik jika Anda memiliki modal usaha yang cukup atau lebih ketika membuka usaha nasi pecel. 

Hal ini bertujuan agar meminimalisir resiko-resiko yang terjadi kedepannya.

7 Resiko Promosi

Terkadang kita perlu mempromosikan usaha kita kepada calon pelanggan,  baik berbayar maupun tidak. Jika ingin mempromosikan berbayar, Anda harus mempertimbangkan antara pemasukan dan kemampuan keuangan usaha. 

Sebab, jika salah sasaran, Anda akan bersiko mengalami kerugian. Jadi jangan asal promosi ya.


Posting Komentar untuk "Kenali 7 Resiko Usaha Nasi Pecel | Pemula Wajib Tau!"