7 Tips Ampuh Membuka Usaha Nasi Pecel


Nasi Pecel merupakan makanan yang sekarang ini digemari masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di kawasan pulau jawa. Hingga saat ini, nasi pecel berkembang pesat dan banyak di temui di berbagai kota-kota besar di Indonesia.

Nasi pecel yang terkenal di Indonesia adalah Nasi Pecel Madiun, karena nasi pecel yang satu ini memiliki ciri khas yang berbeda dari nasi pecel yang lain.

Ngomong-ngomong tentang nasi pecel, tak lengkap jika kita tidak membahas seputar cara berjualannya. Karena prospek usaha yang satu ini bisa dibilang cukup menjanjikan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai usaha ini lebih lanjut, berikut tipsnya, 



1 Racik Bumbu Yang Pas


Agar usaha nasi pecel yang dijalankan dapat dikenal banyak orang. Seseorang harus meracik bumbu pecel yang pas. 

Hal ini penting karena sambal pecel merupakan komponen penting dari makanan nasi pecel. Maka dari itu, agar pembeli datang kembali siapkan dulu bumbu nasi pecel yang pas.

2 Menu Yang Lengkap


Nasi pecel yang disukai banyak orang merupakan nasi pecel yang mempunyai menu makanan yang cukup lengkap. Ada menu yang harus ada di dalam menu makanan nasi pecel diantaranya :
  • Kerupuk
  • Peyek
  • Tempe
  • Tahu
  • Kulub/sayur-sayuran
  • Bumbu pecel variasi (pedas, sedang, dan tidak pedas)
  • Ayam goreng
  • Hingga Lontong
Untuk menu minuman di tempat makan nasi pecel, biasanya menyediakan es jeruk, jeruk hangat, es teh, dan teh hangat.

Selain itu, untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut sangatlah mudah, karena banyak di jual di sekitar tempat kita. Dan harga bahan tersebut juga tidak terlalu mahal sehingga keuntungan yang didapat dari usaha nasi pecel sangat menguntungkan.


3 Memilih Tempat Yang Strategis


Dalam membuka usaha nasi pecel, diperlukan tempat yang strategis dalam berjualan. Tempat strategis sangat membantu prospek usaha nasi pecel kedepannya. 

Usahakan dalam memilih tempat berjualan nasi pecel berada di tempat keramaian seperti alun-alun kota, pinggir jalan yang ramai, hingga di dekat kantor atau sekolah. 

Untuk menentukan lokasi tempat usaha lebih lengkap, kalian bisa klik disini.

4 Promosi


Langkah yang tepat dalam mengembangkan usaha nasi pecel yaitu dengan metode promosi. Di jaman sekarang ini, cara efektif untuk mempromosikan suatu usaha adalah dengan media sosial.

Selain itu, terdapat juga metode promosi lainnya seperti poster, banner, brosur, hingga promosi lewat radio.

Agar menarik pelanggan lebih banyak, sekali-kali tidak ada salahnya untuk memberi penawaran spesial bagi pelanggan kalian seperti beli 2 gratis 1.

5 Harga Menu


Untuk sekelas makanan nasi pecel, harga yang ditawarkan pada umumnya tidak terlalu mahal. 

Standar harga nasi pecel di berbagai wilayah berkisar Rp 5.000 sampai Rp 15.000 per porsi.

Maka dari itu, diperlukan kehati-hatian dan kecermatan bagi seseorang dalam memberikan harga nasi pecel. Sebab dalam persaingan usaha nasi pecel sekarang ini sangat tinggi.

6 Rekrut Karyawan


Jika di awal membuka usaha nasi pecel dapat dilakukan oleh seorang diri, namun beda jika usaha nasi pecel kalian dapat berkembang dengan pesat.

Pasti seseorang membutuhkan karyawan untuk mempercepat layanan yang kalian berikan. Karena dengan adanya karyawan usaha kalian lebih tertata rapi dari segi keuangan hingga sistem usaha.


7 Tempat Makanan Yang Nyaman


Tempat yang nyaman, ditambah lagi dengan pelayanan yang ramah akan membuat para pelanggan betah berlama-lama di tempat makan nasi pecel kalian. 

Dengan begitu, omset yang kalian dapatkan juga dapat meningkat. Jadi jangan lupa untuk mempraktekkan cara tersebut ya sob.


Baca Juga : Tips Memulai Jualan Pentol Lari Manis dan Untung Besar

Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "7 Tips Ampuh Membuka Usaha Nasi Pecel"