5 Ide Usaha Rumahan Tidak Ada Matinya Dengan Modal Minim

Usaha Rumahan Untung Besar
Source : Pixabay

Sebagian besar dari masyarakat pernah mengalami permasalahan modal di awal membuka usaha. Selain itu, usaha rumahan juga banyak yang bersifat musiman sehingga membuat banyak orang enggan membuka usaha sendiri di rumah. 

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena Profitnesia akan memberikan rekomendasi ide usaha rumahan yang tidak ada matinya dengan modal kecil yang bisa dijalankan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga.

Untuk lebih jelasnya, cus langsung saja kita bahas dibawah ini.


1 Usaha Depo Isi Ulang Air Minum

Usaha Depo Isi Ulang Air Minum ternyata merupakan salah satu usaha yang mendatangkan peluang keuntungan yang lumayan besar dan termasuk usaha tidak ada matinya.

Pasalnya kebanyakan orang sangat membutuhkan air minum isi ulang terutama di wilayah perkotaan, sehingga usaha tersebut lebih menguntungkan apabila dijalankan di perkotaan dibandingkan di wilayah pedesaan.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan riset kecil-kecilan terlebih dulu agar modal yang dikeluarkan tidak sia-sia dan keuntungan yang didapatkan lebih maksimal. 

Selain itu, Lokasi tempat yang digunakan juga perlu diperhatikan, usaha isi ulang air minum memerlukan tempat yang strategis agar mudah di jangkau oleh pelanggan. Jika rumah/tempat usaha terletak di gang atau daerah yang sulit di jangkau, saya sarankan untuk mencari tempat lain.

Usaha depo isi ulang air minum tidak akan lekang oleh waktu karena air minum merupakan kebutuhan utama setiap orang. 

Modal yang harus disiapkan memang tidak begitu kecil sekitar Rp 11 juta hingga Rp 18 juta dengan estimasi keuntungan sekitar Rp9.000.000 hingga Rp18.000.000 per bulan. Dengan keuntungan rata-rata dari harga jual air sebesar Rp6.000 per galon dan minimal angka penjualan sekitar 50 galon per hari.

2 Usaha Laundry Kiloan

Usaha Laundry kiloan juga termasuk usaha rumahan yang tidak ada matinya karena banyak sekali orang yang tidak sempat mencuci pakaiannya sendiri karena di sibukkan oleh rutinitas kerja atau kuliah.

Biasanya laundry kiloan sangat laris jika berada di lokasi strategis terutama di dekat kampus, kos-kosan, dan kawasan industri. Di mana pada tempat-tempat tersebut banyak dijumpai orang yang membutuhkan jasa cuci pakaian.

Untuk membuka usaha laundry kiloan Anda tidak perlu menyiapkan uang hingga belasan juta seperti pada usaha depo isi ulang air minum. Cukup dengan membeli sabun cuci pakaian, pelembut pakaian, pewangi pakaian, dan plastik pembungkus pakaian Anda sudah bisa menjalankan usaha ini. 

Dengan membuka usaha laundry kiloan, Anda bisa memanfaatkan mesin cuci dan setrika menjadi ladang mencari keuntungan daripada dibiarkan tidak terpakai. 

Tapi jika di rumah tidak memiliki mesin cuci, mungkin estimasi modal yang dibutuhkan sekitar Rp2.000.000 hingga Rp3.500.000 untuk membeli mesin cuci dua tabung beserta setrika dan keperluan mencuci lainnya.


3 Usaha Jualan Aneka Kue

Usaha Aneka Kue
Source : Pixabay

Meskipun bukan makanan pokok, kue sangat diminati banyak orang sebagai camilan, jadi menjual aneka kue juga termasuk jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya. 

Modal untuk membuat aneka kue juga tidak begitu besar, dengan bermodal uang ratusan ribu saja Anda sudah bisa menjalankan usaha ini. Selain menjual aneka kue tradisional anda bisa menyelingi juga dengan membuat jajanan kekinian, seperti corn dog, donat bomboloni, brownies panggang kekinian, dan lain-lain.

Agar jualan semakin laris, sebaiknya tawarkan dagangan Anda di media sosial dan jalin kerja sama dengan platform pesan antar, seperti GO-FOOD, Grab Food, dan Shopee Food. 

Dengan begitu peluang mendapatkan omset besar akan terbuka lebar, pastikan juga foto kue yang Anda gunakan terlihat menarik dan menggugah selera.

4 Usaha Jualan Token Listrik, Pulsa Elektrik dan Paket Data

Token listrik, pulsa elektrik, dan paket data sekarang ini menjadi kebutuhan pokok yang wajib dimiliki setiap orang jaman sekarang. Kemajuan teknologi juga membuat orang-orang tidak bisa hidup tanpa internet. 

Jadi dapat dipastikan usaha tersebut termasuk bisnis yang menjanjikan terutama di daerah pedesaan. Hal ini disebabkan oleh masyarakat perkotaan terutama kalangan milenial lebih memilih membeli token listrik, pulsa, dan paket data melalui platform pembayaran digital yang bisa diakses di ponsel.

5 Usaha Warung Kopi

Jika Anda memiliki ruang kosong di teras rumah coba manfaatkan menjadi warung kopi. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp5.000.000 tergantung perlengkapan warung yang dibutuhkan. 

Warung kopi biasanya juga menjual berbagai gorengan dan mi instan rebus, Anda bisa menjualnya sebagai menu selingan selain kopi. Ide usaha rumahan yang tidak ada matinya yang sudah kita bahas di atas bisa Anda coba di rumah untuk menambah penghasilan, terutama bagi ibu rumah tangga.


Gimana apakah salah satu usaha rumahan tidak ada matinya tersebut sangat cocok bagi anda semua?


Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "5 Ide Usaha Rumahan Tidak Ada Matinya Dengan Modal Minim"