Rincian Lengkap Modal Usaha Pecel Lele + Tips untuk Pemula

Usaha Pecel Lele Pemula

Membuka usaha warung tenda pecel lele di pinggir jalan memang terlihat sederhana, namun siapa sangka omset yang didapatkan bisa mencapai jutaan per hari. Modal usaha pecel lele di awal memang agak besar tapi peluang mendapatkan keuntungan pada usaha ini juga sangat menjanjikan.

Apakah benar keuntungan usaha pecel lele cukup besar? Usaha warung pecel lele memiliki peluang besar dalam mendatangkan keuntungan karena menu pada warung pecel lele sesuai dengan lidah masyarakat. Berbeda dengan usaha kuliner yang mengusung konsep masakan luar, diperlukan usaha yang lebih keras untuk memperkenalkannya kepada calon pelanggan.

Bisa dibilang usaha pecel lele ini mudah dijalankan oleh siapa pun, yang terpenting jago membuat sambal lalapan yang enak karena kebanyakan orang menilai rasa pecel lele berasal sambalnya. Tapi bukan berarti Anda harus mengabaikan rasa lauknya, justru sebaliknya berikan racikan bumbu spesial pada ikan lele, ati ampela, tahu, dan tempe sebelum digoreng.


Berapa Modal Usaha Pecel Lele?

Pada penjelasan berikut akan dijelaskan dengan detail mengenai rincian modal usaha pecel lele untuk pemula. 

Untuk di awal-awal sebaiknya bukalah warung pecel lele dengan konsep kaki lima menggunakan tenda terpal seperti yang sering kita temui di pinggir jalan. Tapi jika rumah Anda terletak di pinggir jalan yang ramai dilalui orang bisa juga memanfaatkan teras rumah untuk membuka warung pecel lele.

Untuk rincian modal usaha pecel lele selengkapnya Anda bisa menyimaknya di sini :

1 Rincian Estimasi Modal dan Keuntungan Usaha Pecel Lele

Seperti yang kita tahu ketika hendak menjajal usaha di bidang kuliner Anda harus siap membeli berbagai peralatan. Mulai dari alat masak, perlengkapan jualan, dan peralatan makan. Untuk lebih jelasnya berikut
perkiraan rincian lengkap modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pecel lele. 

Berikut rincian lengkap terkait peralatan yang dibutuhkan untuk usaha pecel lele :

Gerobak dan Etalase Usaha Pecel Lele Rp 2.500.000
Terpal Untuk Tenda berukuran 4x6 Rp 250.000
Peralatan makan dan memasak Rp 700.000
Magicom berukuran sedang Rp 320.000
Spanduk pecel lele berukuran 5 x 2 meter Rp 150.000
Meja dan Kursi Rp 2.000.000
Ember Plastik Rp 40.000
Peralatan Lainnya Rp 500.000

Jadi untuk rincian modal awal yang dibutuhkan untuk membeli peralatan adalah sekitar Rp 6.460.000, namun di setiap daerah harga dari peralatan di atas berbeda-beda. Bisa jadi lebih besar dari perkiraan modal tersebut atau malah lebih kecil yang pasti perbedaan nominalnya tidak terlalu jauh.

Dengan begitu, anda bisa memperkirakan modal awal membuka usaha pecel lele. Perlu ada ketahui, rincian biaya pendapatan tersebut dibuat dengan asumsi penjualan 60 porsi pecel lele dengan harga per porsi Rp 20.000.

2. Biaya Operasional Usaha Pecel Lele

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pecel lele dalam sebulan Rp 14.800.000
Gas (30 Hari) Rp 500.000
Sewa Tempat Rp 600.000
Gaji Karyawan Rp 1.000.000
Air dan Listrik Rp 400.000
Jumlah Total Rp 17.300.000

3. Pendapatan/Omset Usaha Pecel Lele

Pendapatan :
34 Porsi/Hari x 30 Hari x Rp 20.000 = Rp 20.400.000. 

4. Estimasi Keuntungan Usaha Pecel Lele

Pendapatan Bulanan/Omset - Biaya Operasional
Rp 20.400.000 - Rp 17.300.000 = Rp 3.100.000




Tips Menjalankan Usaha Pecel Lele Bagi Pemula

Menus Pecel Lele

Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk memulai usaha pecel lele, diantaranya sebagai berikut :

1 Memperhatikan Lokasi Usaha Pecel Lele

Sebelum menjalankan usaha pecel lele, anda perlu melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu seperti mengamati suasana lokasi tempat usaha yang akan ditempati dengan mempertimbangkan apakah tempat tersebut memiliki potensi yang baik untuk kedepannya.

Umumnya, penjual pecel lele dapat kita temui di pinggir-pinggir jalan yang mana lokasi tersebut banyak orang yang berlalu lalang. Selain itu, ada contoh tempat yang berpotensi mendulang keuntungan yang cukup besar bagi usaha pecel lele anda misal, di dekat perkantoran, kampus, hingga sekolahan.

2 Kebersihan Tempat

Agar pelanggan merasa betah di tempat usaha pecel lele anda, maka kebersihan menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Karena jika merasa nyaman, maka pelanggan akan datang lagi ke tempat pecel lele anda.

3 Rasa dan Harga

Rasa yang pas dan harga yang bersahabat pasti sangat mempengaruhi penjualan anda dari waktu ke waktu. Kualitas bahan dan rasa yang anda berikan kepada pelanggan merupakan salah satu kunci kesuksesan usaha pecel lele anda.  Maka jika ingin pecel lele anda lebih cepat dikenal banyak orang, perhatikan hal tersebut.

4 Waktu Berjualan Pecel Lele

Umumnya, usaha pecel lele mulai dibuka ketika waktu sore menjelang malam hari. Sebab, menurut pencinta pecel lele dimanapun berada, waktu yang pas menikmati pecel lele adalah pada waktu malam hari. Selain itu, pecel lele juga sangat enak dinikmati ketika seseorang sedang beristirahat dari perjalanan jauh. Jadi penulis menyarankan untuk membuka usaha pecel lele ketika jam 5 sore sampai malam hari.

5 Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis juga mempengaruhi usaha pecel lelel agar bisa berkembang. Jadi pastikan anda melakukan survei lokasi usaha pecel lele dengan hati-hati. Pastikan anda memilih tempat usaha pecel lele di dekat keramaian, di pinggir jalan, hingga tempat mudah dilihat.




Kesimpulan

Menurut kesimpulan diatas, usaha pecel lele sangat menguntungkan hal ini berdasarkan analisa perkiraan keuntungan usaha pecel lele. Selain itu, usaha pecel lele digolongkan sebagai usaha dengan modal minim atau tidak terlalu mengeluarkan modal yang cukup banyak.

Namun sebenarnya ada beberapa resiko yang dihadapi ketika menjalankan usaha pecel lele seperti adanya pungli, cuaca, izin jualan, hingga banyaknya pesaing. Namun perlu diingat, disemua usaha pasti memiliki resiko tersendiri.
Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "Rincian Lengkap Modal Usaha Pecel Lele + Tips untuk Pemula"