5 Ide Usaha Modal 400 Ribu, Cocok Bagi Pemula!

Pembisnis Sukses

"Modal 400 ribu buat usaha apa?"

Pertanyaan tersebut sering kali muncul di pencarian google dan membuat penulis ingin mengupasnya secara dalam. Dan penulis yakin, banyak para pembaca artikel ini mempunyai uang 400 ribu.

Namun sebelum berlanjut ke dalam topik utama, pastikan anda membaca secara lengkap mengenai pembahasan usaha modal 400 ribu di bawah ini. Untuk lebih lanjut, simak informasi berikut ini : 



1 Usaha Aneka Jenis Keripik

Jajanan yang enak, terjangkau, dan digemari hampir semua kalangan yaitu keripik. Ada berbagai jenis jajanan keripik yang sangat digemari oleh semua kalangan, diantaranya : keripik singkong, keripik pisang, keripik kentang, dan sebagainya.

Nah dari sini, kita bisa melihat peluang usaha dari jajanan keripik. Untuk modal yang diperlukan dalam menjalankan usaha ini juga tidak terlalu banyak dan bisa menyesuaikan budget yang kita miliki. Bahkan dengan modal 300 ribu saja, seseorang bisa menjalankan usaha keripik.

Namun.. sebelum memulai usaha ini, pastikan bahan-bahan pembuatan keripik selalu siap dan mudah ditemukan di tempat tinggal anda. Contoh : jika ada banyak sekali penjual pisang, anda bisa membuat usaha keripik pisang.

Jika berhasil menjalankan usaha ini, anda bisa meraup keuntungan yang cukup besar. Dikutip dari situs merdeka.com, bahwa terdapat cerita guru paud yang berhasil menghasilkan omset 28 juta per bulan dari jualan keripik pisang. Walaupun pada awal usaha, hanya memiliki modal 400 ribu.


2 Cuci Sepatu

Di jaman sekarang ini, banyak kaum mudah yang gemar mengoleksi berbagai merek sepatu branded. Fenomena tersebut ternyata bisa menjadi peluang bisnis tersendiri bagi sobat profitnesia.

Seseorang tidak perlu mempunyai modal banyak dalam membuka usaha ini. Bahkan hanya dengan modal 400 ribu saja, anda bisa menjalankan usaha cuci sepatu.

Tidak mudah dan butuh kejelian memang dalam menangkap peluang usaha cuci sepatu. Namun ada cerita sukses, yang bisa anda tiru dari Dokter Tirta Mandira. 

Kesuksesan mendirikan usaha tersebut berawal dari kebiasaan Dokter Tirta membersihkan sepatunya ketika masih duduk di bangku kuliah. Kebiasaan tersebut ternyata menyita perhatian teman kuliahnya, sehingga Dokter Tirta dimintai tolong sekalian membersihkan sepatu milik temannya itu.

Dengan modal sabun cuci buatan USA seharga 400 ribu, Dokter Tirta memberanikan diri untuk menseriusi usaha cuci sepatu yang ia buat. Dan akhirnya, ia berhasil mendirikan usaha cuci sepatu bernama shoes dan care dengan keuntungan yang besar.


Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Modal 200 Ribu, Cocok Bagi Pemula!


3 Menjual Olahan Makanan Salak

Di sekitar tempat tinggal anda banyak buah salak? Jika iya, berarti ada peluang usaha yang bisa anda jalankan dengan modal 400 ribu. Seseorang bisa mengolah berbagai produk jenis makanan dari buah salak seperti, brownies salak, asinan salak, sambal dari buah salak, hingga kopi biji salak.

Mengapa peluang usaha ini sangat menjanjikan? menurut penulis, usaha olahan buah salak sangat minim pesaing. Selain itu, pangsa pasar usaha ini masih luas..

Menyimak dari situs finance.detik.com, bahwa terdapat sebuah cerita sukses dari pemilik usaha olahan makanan salak bernama shelly yang mampu mendapatkan omset 20 juta perbulannya.

Namun siapa sangka, jika usaha Shelly berawal dari modal 50 ribu. Bagi sobat profitnesia yang memiliki modal 400 ribu, jangan berkecil hati. Sebab.. 'jika berkaca dari modal awal yang dimiliki Shelly, tentu sangat jauh dari modal yang anda miliki saat ini.


4 Jasa Cuci Piring

Langka, menguntungkan, dan banyak yang belum tau mengenai usaha ini, itulah sebutan yang cocok untuk bisnis jasa cuci piring. Menurut penulis, jasa cuci piring memiliki prospek yang cukup cerah kedepannya. Hal ini mengingat, semakin banyaknya orang yang memiliki gaya hidup instan/tidak ingin ribet.

Pada umumnya, usaha ini sangat cocok diterapkan di kota-kota besar. Selain itu, rendahnya tingkat kompetitor pelaku usaha ini menjadi momentum tersendiri bagi anda semua.

Bahkan dengan modal 400 ribu saja, seseorang bisa menjalankan usaha ini. Tertarik mencoba?


5 Bisnis Jahe Merah

Tidak hanya usaha jasa dan makanan saja, dari pertanian usaha jahe merah ternyata juga sangat menguntungkan. Bahkan ada sebuah kisah sukses petani jahe merah yang mampu meraup keuntungan 10 juta per bulannya hanya bermodalkan 400 ribu di awal-awal usaha.

Tentu.. ini menjadi suntikan motivasi tersendiri bagi anda semuanya. Petani yang penulis maksud bernama Wahyu Widodo. Dikutip dari situ bisnis.tempo.co, Wahyu memulai usaha ini dengan bermodalkan 400 ribu yang ia gunakan untuk membeli bibit jahe merah.

Dengan keuletan dan keyakinan tinggi dalam mempelajari cara membudidayakan jahe merah, membuat Wahyu menjadi pengusaha jahe merah sukses.


Baca Juga : 10 Ide Usaha Modal 300 ribu Ini, Sangat Menggiurkan!

Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "5 Ide Usaha Modal 400 Ribu, Cocok Bagi Pemula!"