20+ Ide Usaha Modal 500 Ribu yang Menggiurkan

Pengusaha Cerdas dan Berbakat

"Uang 500 ribu untuk usaha apa?"
"Bisnis apa dengan modal 500 ribu?"
"Modal 500 ribu untuk usaha apa?"
"Bisnis 500 ribu yang cocok bagi pemula apa?"

Sering kali, penulis menjumpai pertanyaan seperti itu di pencarian google. Maka dari itu, penulis sangat tertarik mengupas mengenai usaha modal 500 ribu.

Dari pada lama-lama, cus langsung saja kita bahas di bawah ini.


1 Usaha Jenang Sum-Sum

Jenang sum-sum merupakan sejenis makanan bubur yang terbuat dari tepung beras dengan didampingi kuah manis gula merah. Citra rasa yang enak, empuk, dan lembut membuat jenang sum-sum disukai semua kalangan.

Melihat sisi positif mengenai jenang sum-sum, membuat usaha ini cukup menjanjikan. Dan gambar gembiranya, usaha jenang sum-sum bisa anda jalankan dengan modal 500 ribu.

Perlu diingat, seseorang harus menguasai cara pembuatan dan paham mengenai resepnya. Selain itu, seseorang bisa memasarkan jualannya ke teman terdekat, media sosial, hingga menitipkan di lapak jajanan orang.

2 Usaha Nasi Pecel

Makanan nasi pecel umumnya banyak kita jumpai di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk sekelas usaha nasi pecel, kita tidak boleh menggap remeh. Karena dari usaha ini, seseorang bisa merapu omzet 2,5 juta per bulannya.

Selain itu, anda bisa menjalankan usaha nasi pecel hanya dengan modal 500 ribu. Perlu di garis bawahi, anda dituntut hati-hati dan cermat dalam mengelolah kuangan. 

3 Usaha Minuman Kekinian

Tingginya minat beli masyrakat terhadap minuman kekinia, membuat kaum milenial mulai miliri usaha ini. Salah satu alasan orang terjun di usaha ini adalah modalnya tidak terlalu besar. Bahkan dengan modal 500 ribu, anda bisa mencicipi usaha minuman kekinian.

Kebutuhan yang diperlukanpun cukup mudah didapat seperti cup gelas, sedotan, kresek, kantong plastik, serbuk minuman, hingga toping boba.

Untuk pemasarannya, anda bisa berjualan di pinggir jalan, lapangan, pusat kota, hingga di sekolah-sekolah.

4 Menjual Aneka Jenis Kue

Jago membuat kue? Mungking berjualan aneka jenis kue bisa anda coba. Sebab moda yang diperlukan tidaklah besar.

Selain itu, kebiasaan orang yang gemar mencicipi makanan manis dan praktis membuat peluang usaha ini menggiurkan.

Ada beberapa keuntungan yang perlu anda ketahui dalam menjalankan usaha aneka jenis kue, diantaranya : 
  • Tidak memerlukan tempat sewa, karena menerapkan bisnis rumahan.
  • Jika tidak punya oven, anda bisa membelinya di toko online dengan harga 300 ribuan.
  • Bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah didapatkan.
  • Jika menerima pesanan banyak, seseorang bisa membayar dpnya terlebih dahulu.
  • Dan sebagainya.

Jadi tertarik dengan bisnis ini?

5 Jualan Gorengan

Gorengan merupakan jenis jajanan merkayat seperti pisang goreng, umbi goreng, tahu goreng, tempe goreng, hingga tape goreng. Selain itu, jajanan gorengan bisa kita temui di pinggir-pinggir jalan hingga di angkringan.

Umumnya, modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha gorengan berkisar 500 ribu ke atas, namun tidak dapat dipungkiri jika usaha gorengan bisa dijalankan dengan modal 500 ribu saja.

Mengingat modal yang di miliki 500 ribu saja, anda dituntut untuk pintar dalam mengelola keuangan, baik pengeluaran dan pemasukan. Untuk pemasarannya, anda bisa menitipkan dangangan ke angkringan, lapak jajanan, hingga warung terdekat.

Jika berhasil, jangan lupa untuk membeli gerobak ya sobat profitnesia.

6 Jualan Jajanan Anak-Anak

Selain jenis usaha di atas, ternyata ada ide usaha dengan modal 500 ribu yang bisa anda jalankan. Ide usaha tersebut adalah jajanan anak-anak.

Mengingat calon pembeli adalah anak-anak, maka menu harus menyesuaikan kesukaan anak-anak seperti sempolan, pentol, minuman instan, snack, dan lainnya.

Supaya usaha anda semakin berkembang, jangan lupa untuk menjaga selalu kebersihan tempat hingga memikirkan jajanan yang aman buat anak-anak. 

Selain itu, keuntungan yang didapat dari usaha ini bisa mencapai jutaan rupiah.


7 Jualan Jagung Bakar 

Berjualan jagung bakar sangat cocok bagi anda yang bertempat di perkotaan maupun di tempat pariwisata. Selain itu, berjualan jagung bakar tidak membutuhkan modal terlalu banyak, bahkan dengan modal 500 ribu, anda bisa menjalankan usaha ini.

Sebelum berjualan jagung bakar, ada baiknya anda mengetahui cara memperoleh bahan-bahan yang murah dan berkualitas. Karena dengan begitu, keuntungan yang didapat akan semakin besar pula.

8 Jualan Bensin Eceran

Jualan bensin eceran di perkotaan hingga pedesaan ternyata masih bisa menguntungkan. Karena dari tahun-ketahun, pengguna kendaraan pribadi meningkat. Melihat peluang tersebut, jualan bensin ecera bisa menjadi ide usaha modal 500 ribu yang bisa anda jalankan. Apakah anda tertarik dengan jenis usaha ini?

9 Usaha Catering Rumahan

Catering rumahan menjadi salah satu solusi bagi banyak orang yang tidak mau ribet dalam hal masak-memasak. Melihat peluang yang ada, membuat usaha catering memiliki prospek yang bagus untuk sobat profitnesia semuanya.

Banyak sekali orang sukses yang berawal dari modal minim membuka usaha catering rumahan. Tak tangung-tangung, keuntungan usaha ini pun bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulannya.

Menarik bukan? Namun bagi anda yang memiliki modal minim, sebaiknya menerapkan uang muka dulu ketika menerima pesanan. Hal ini bertujuan agar modal yang anda miliki bertambah.

Selain itu, perlunya kerja keras dan kerja cerdas di awal-awal membuka usaha ini.

10 Jualan Rujak

Bahan-bahan yang murah dan mudah didapat, membuat usaha rujak petis dilirik banyak orang. Namun ketika anda berminat mengeluti usaha rujak ini, pastikan anda tau bagaimana cara membuat rujak yang enak.

Ada jenis usaha rujak yang bisa anda pilih yaitu rujak petis dan rujak buah. Untuk persaingan rujak petis sangatlah minim dan sementara untuk rujak buah sangat cocok dijalankan di daerah perkotaan.

11 Jualan Es Degan

Segar, nikmat, dan bermanfaat itulah yang ada di dalam kandungan kelapa muda. Es kelapa muda juga merupakan minuaman favorit masyarakat Indonesia.

Maka dari itu, es degan bisa menjadi salah satu jenis usaha alternatif yang bisa anda coba. Tentu modal yang diperlukan tidaklah besar, bahkan dengan modal 500 ribu anda bisa membuka usaha ini. 

Hal tersebut megingat bahwa peralatan dan bahan yang dibutuhkan tidak mengeluarkan modal yang besar.

12 Usaha Jamu

Jamu merupakan minuman tradisional yang kaya akan manfaatnya. Selain itu, banyak orang yang masih ragu dengan usaha ini. Padahal, modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha ini tidaklah besar.

Jarang sekali penulis melihat usaha jamu yang berinovasi. Maka dari itu, ketika ingin terjun dalam dunia usaha jamu, sebaiknya anda melakukan inovasi-inovasi yang unik mengenai olahan jamu. Dengan begitu, usaha jamu anda berpotensi sukses mengalahkan usaha minuman lainnya.

13 Jualan Pulsa dan Paket Data

Di era modern saat ini, internet merupakan kebutuhan pokok setiap orang dalam melakukan berbagai aktivitas. Maka dari itu, berjualan pulsa dan paket data merupakan opsi usaha yang bisa anda coba.

Agar bisa berjualan pulsa, seseorang diwajibkan mengisi saldo pulsa di aplikasi yang disediakan ditributor pulsa. Namun perlu diingat, jangan sekali-kali memberi hutang kepada pelanggan, karena hal tersebut membuat berpotensi membuat usaha anda berhenti.

14 Jualan Pentol/Cilok

Keberadaan penjual cilok/pentol sangatlah banyak. Selain harganya murah, rasa pentol juga nikmat. Maka tak heran jika banyak orang yang menyukai jajanan pentol.

Selain itu, anda bisa menjalankan usaha pentol dengan modal 500 ribu, dan jika tinggi pun itu hanyalah modal gerobak saja. Pemasaran jualan pentolpun juga cukup mudah, mulai dari rumah ke rumah, tempat keramaian, lapangan, hingga sekolahan.

Bahkan ada beberapa orang ynag berhasil meraup omzet jutaan hingga puluhan juta dari jualan pentol ini.

15 Jualan Singkong Keju

Usaha singkong keju sekarang ini mulai di lirik banyak orang. Alasannya sangat simpel yaitu mudahnya proses pembuatan, bahannya mudah didapatkan, dan tentu modal yang diperlukan tidaklah besar.

Dengan modal 500 ribu, anda sudah bisa memulai usaha singkong keju. Selain itu, agar usaha bisa berkembang cepat, anda bisa menyewa tempat dengan hitungan per hari dan menyiapkan modal lagi.

16 Jajanan Pasar

Membuat jajanan pasar merupakan salah satu usaha alternatif yang bisa anda jalankan dengan modal 500 ribu. Ada contoh jajanan pasar yang bisa anda buat seperti lemper, kue lapis, jadah goreng, pisang goreng, kerupuk kecil-kecil, nagasari, dan sebagainya.

Hingga saat ini, jajanan pasar masih laku keras sehingga bisa dikatakan usaha ini cukup menjanjikan. Namun perlu diingat, jajanan harus sudah siap ketika matahari baru terbit.

17 Dropshipper

Dropshipper dianggap sebagai bisnis tanpa modal yang cukup menjanjikan. Namun, agar menjadi anggota dropshipper seseorang akan dikenakan biaya sebesar 100 ribuan. 

Bisa dibilang bisnis dropshipper cukup mudah untuk dilakukan, karena tak perlu menyetok barang dan ketika ada pesanan dari pelanggan kita tinggal menghubungi distributor untuk menyiapkan barang yang di pesan.

Jadi sangat simpel bukan. Perlu anda ketahui, jika bisnis dropshipper bisa menghasilkan omset puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Ingin menjadi pengusaha lewat dropshipper terpercaya, silahkan mendaftar di link berikut ini.


18 Menjadi Blogger

Blogger merupakan platfoam yang digunakan untuk menulis semua keluh kesan atau pun informasi yang bermanfaat dengan tujuan agar dapat dibaca banyak orang.

Perlu anda ketahui, banyak orang yang berhasil mempunyai pendapatan tinggi dari blogger. Modal utama untuk menjalankan usaha ini adalah koneksi internet dan domain. Dan jika kita total, modal yang diperlukan tidak mencapai 500 ribu.

Namun, diperlukan mental tinggi dan kesabaran dalam memulai usaha ini.

19 Jasa Terjemahan

Bagi anda yang mempunyai kemampuan menerjemahkan bahasa asing, ternyata anda bisa membuka jasa terjemah. Di pencarian google sana, banyak sekali situs terpercaya yang membuka jasa freelance dan tentu bisa anda akses untuk memulai jasa terjemah. 

Untuk modal yang diperlukan pun juga hampir sama dengan blogger, yaitu koneksi internet dan skill.

20 Menjadi Youtubers

Ini nih, pekerjaan yang di gandrungi para kaum milenial sekarang ini, yaitu menjadi seorang Youtubers. Tidak mudah memang agar bisa menjadi konten kreator Youtube. Namun jika anda mempunyai kreatifitas dan keunikan tersendiri, maka menjadi Youtubers sangat mungkin bagi anda semua.

Tidak perlu memerlukan modal banyak untuk menjalankan usaha ini, cukup modal koneksi internet dan membikin video sekreatif mungkin, anda sudah bisa menjadi seorang youtubers. Namun seperti penulis bilang tadi, harus konsisten.


Tips Membuka Usaha Modal 500 Ribu

Ada point-point penting untuk menjalankan usaha dengan modal 500 ribu, diantaranya :
  • Menganalisa terlebih dahulu sebelum memulai usaha.
  • Harus pintar mengatur pengeluaran dan pemasukan, karena mengingat modal yang dimiliki tidak banyak.
  • Jangan menyerah.
  • Jangan lupa berinovasi.
  • Jeli melihat peluang.
  • Manfaatkan momentum
  • Terus belajar dan memperbanyak koneksi.

Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "20+ Ide Usaha Modal 500 Ribu yang Menggiurkan"