Menabung Uang 1 Juta Pertahun Dari Uang Receh! Apakah Bisa?

Uang Receh Di Dompet
Source : Pixabay

Uang receh seperti Rp 100, Rp 200, Rp 500, bahkan Rp 1000, terkadang dianggap sebelah mata oleh sebagian orang. Namun pernahkah kalian berfikir jika uang tersebut ternyata sangat berharga lo, khususnya bagi kaum milenial ke bawah.

Namun selama ini apakah kalian berfikir, jika uang receh ketika dikumpulkan bisa-bisa menghasilkan jutaan rupiah lo pertahunnya. Berikut adalah contoh sederhananya untuk kalian bayangkan. 


Jika kita menargetkan uang 1 juta pertahunnya, maka berapa uang yang kita perlukan untuk menyisihkan uang tabungan dalam seharinya? Berikut hitung-hitungannya, agar kalian lebih mengerti :

Rp 1.000.000 : 365 Hari/Tahunnya = Rp 2.739/Hari

Perhitungan tersebut menjelaskan, jika uang ingin terkumpul 1 juta pertahunnya, maka dalam sehari seseorang harus menyisihkan uang Rp 2.739 atau bisa kita bulatkan menjadi Rp 3.000/harinya.


Memang cukup mudah sebenarnya, jika kita bayangkan dari perhitungan tersebut. Namun sekarang apa masalahnya sehingga kalian tidak bisa menabung 1 juta pertahunnya?


Menurut kebanyakan orang, masalahnya ada di diri kita sendiri yaitu kurang konsisten. Selain itu, faktor lain yang membuat seseorang sulit menabung walaupun dengan uang receh diantaranya :

  • Menunda Menabung.
  • Faktor Lingkungan.
  • Membeli barang-barang yang sifatnya keinginan bukan kebutuhan.
  • Sering menganggap uang receh sebelah mata.
  • Tujuan menabung tidak jelas.
  • Dan sebagainya.


Sebelum lebih lanjut, apakah kalian tau, sebenarnya artikel ini ditujukan untuk siapa? 


Nah sebenarnya, artikel ini dibuat berdasarkan orang yang memiliki penghasilan minim atau seseorang yang tidak bisa mencari penghasilan sendiri (masih minta sama orang tua) seperti pekerja serabutan, mahasiswa, pelajar, hingga anak-anak.

Nah ketika sudah mengetahui hal tersebut, saya akan membahasnya, bagaimana cara menabung 1 juta pertama dengan uang receh :



1 Simpan Uang Receh Sebanyak Mungkin


Nah langkah agar kalian dapat menabung 1 juta pertahun dari uang receh adalah mengumpulkan uang receh sebanyak mungkin. 

Biasanya uang receh di rumah berserakan dan terkadang diabaikan oleh orang sekitar rumah. Dengan begitu, kalian bisa mengumpulkan uang-uang receh tersebut untuk kalian simpan. 

Selain itu, jika kalian seorang pelajar jangan lupa untuk menyisihkan uang jajan kalian sebanyak mungkin, walaupun uang tersebut nominalnya Rp 500.

Contoh-contoh tersebut sebenarnya mengajarkan kita tentang bagaimana cara mengumpulkan uang receh sebanyak mungkin walaupun dengan cara sederhana.


Baca Juga : 5 Langkah Mudah Menentukan Tujuan Bisnis Dengan Tepat


2 Simpan Uang Receh di Tempat Yang Aman


Pastikan ketika kalian menabung, jangan sampai orang di sekitar tau. Hal ini bertujuan, agar kalian tetap aman dan tidak digunakan seenaknya saja.

Selain itu, taruhlah uang receh kalian ke dalam tabungan yang sulit diambil sewaktu-waktu seperti wadah/celengan besi. Tabungan yang sulit diambil sewaktu-waktu ternyata bisa mempercepat 1 juta pertahunnya  


3 Konsisten

Uang Receh Disimpan Kedalam Toples
Source : Pixabay


Menabung secara konsisten sangat perlu kalian terapkan karena dalam perhitungannya kalian harus menyisihkan uang Rp 3.000 per harinya. 

Jika tidak bisa mengatur keuangan kalian secara bijak, maka kalian bisa mencatat pengeluaran dan pemasukan harian. Cara tersebut agar kalian tau cara menyisihkan keuangan setiap harinya.


4| Rajinlah Membantu


Ingin mendapatkan uang tips dari seseorang, rajin-rajinlah membantu seseorang ya sob. Nah cara ini sangat cocok bagi kalian yang masih anak-anak, pelajar, bahkan mahasiswa.

Karena jika kita membantu seseorang, terkadang kita diberi tips atau upah yang tak terduga. Dengan begitu, pemasukan kalian akan bertambah sob.


5| Jangan Menyepelekan Uang Kembalian


Ketika kita membeli di toko kelontong, dan uang kembalian yang receh diganti dengan permen. Saya sarankan untuk menolaknya, bukan pelit namun karena uang kembali tersebut adalah hak kita. 

Maka dari itu, walaupun uang receh besarnya Rp 100, sebaiknya kalian minta kembali ya guys.


Baca Juga : Mau Mengajak Orang Lain Berbisnis? Lakukan 3 Cara Ini


6| Tentukan Tujuan Menabung

Agar menabung uang receh lebih semangat, jangan lupa tentukan tujuan menabung kalian ya sob. Selain itu, pastikan tujuan menabung lebih jelas/spesifik. 

Semoga bermanfaat

Ingat Rp 3.000 per hari ya sob.


Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "Menabung Uang 1 Juta Pertahun Dari Uang Receh! Apakah Bisa?"