5 Usaha Bob Sadino Ini Masih Eksis Hingga Sekarang, Kaum Milenial Wajib Tau!

Motivasi Pengusaha dari Bob Sadino

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar nama Bob Sadino, sesosok pengusaha sukses yang banyak dijadikan panutan di semua kalangan khususnya para kaum milenial. 

Meskipun mendiang telah tutup usia, usaha Bob Sadino tetap berjalan baik hingga saat ini. Terkenal dengan gayanya yang nyentrik membuat Bob Sadino melekat kuat di ingatan masyarakat Indonesia. 

Walaupun berasal dari keluarga yang berkecukupan, Bob Sadino pernah mengalami jatuh bangun dalam mengawali usahanya. 

Dia sempat menjadi sopir pada usaha sewa mobil yang dia dirikan dan mengalami kerugian akibat kecelakaan. Saat itu dia tidak mampu memperbaiki mobilnya dan memutuskan untuk menjadi kuli bangunan. 

Siapa sangka, berkat pengalaman jatuh bangun yang dialami Bob Sadino ketika mencoba berbagai usaha, membuat ia mempelajari banyak hal dan berhasil menjalankan beberapa usaha hingga sukses sampai sekarang ini. 

Nah dari sini, apakah anda tahu, apa saja usaha Bob Sadino yang masih berjalan hingga saat ini? Jika belum, anda bisa menyimak penjelasan berikut ini mengenai 5 daftar usaha Bob Sadino yang masih ada hingga sekarang ini.



1. Kemfarm

Perlu anda ketahui, Kemfarm merupakan usaha di bidang agrobisnis yang berdiri pada tahun 1980 yang terletak di kawasan Semarang, Jawa Tengah. 

Kemfarm sendiri merupakan ladang sayur yang pada dasarnya menggunakan sistem hidroponik. Padahal, di era tersebut masih banyak orang yang belum mengenal budidaya semacam itu.

Sebagian besar produk yang dijual Kemfarm adalah sayur dan buah. Kemfarm sendiri sudah pernah menjajaki pasar nasional hingga berhasil mengekspor sayuran hingga 10.000 ton tiap bulanya untuk di ekspor ke negeri sakura (Jepang).

jadi sangat mengangumkan jika melihat usaha Bob sadino saat ini.


2. Kem Chiks

Tidak hanya menjajal usaha di dunia agrobisnis saja, Ternyata pada tahun 1970 Bob Sadino juga mendirikan swalayan bernama Kem Chiks. Swalayan ini didirikan untuk menyasar orang asing dan masyarakat menengah atas yang membutuhkan produk-produk makanan impor. 

Walaupun begitu, Kem Chiks juga menjual produk-produk lokal baik produk bahan makanan mentah dan produk makanan jadi. Usaha Bob Sadino yang satu ini berdiri dalam naungan PT. Boga Catur Rata. Selain itu, Bob Sadino menjalin kerja sama dengan Susi Darmawan untuk mengelola gerai Kem Chiks di Pasific Place. 


3. Kemfood

Selain menjalankan usaha di bidang agrobisnis dan ritel, Bob Sadino juga memiliki bisnis yang bergerak dalam bidang pengolahan daging yang bernama Kemfood. PT. Kemang Food Industries merupakan usaha pertama yang didirikan Bob Sadino pada 1975 yang bisa dibilang sukses dan memiliki kinerja baik hingga sekarang ini.

Modal awal yang digunakan Bob Sadino berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di mana PT. Boga Catur Rata menjadi pemegang saham tunggal saat itu. Awal mulanya Bob Sadino mendirikan Kemfood tersebut karena harga kebutuhan daging dan sosis sedang melonjak.

Dengan momentum tersebutlah, Bob Sadino melihat peluang besar sehingga mampu mendirikan perusahaan tersebut.


4. The Mansion at Kemang

Usaha bob Sadino kali ini bisa kita golongan sebagai usaha di bidang properti. Selain itu, The Mansion at Kemang telah bekerjasama dengan Agung Sedaya Group. Usaha yang didirikan pun cukup menarik dengan konsep apartemen, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan yang berada di dalam satu kawasan.

The Masion at Kemang sendiri terdiri dari 180 unit apartemen dan 10 unit pusat perbelanjaan yang secara langsung berdekatan dengan Kem Chiks. 


5. Kem Travel

Tidak hanya mendirikan usaha yang berkutat pada produk pangan, ritel, dan properti saja, Bob Sadino ternyata juga mendirikan usaha yang bernama Kem Travel. 

Seperti namanya, Kem Travel bergerak di bidang tour and travel yang menawarkan berbagai jasa perjalanan dalam negeri maupun luar negeri. 

Kelima usaha Bob Sadino tersebut menjadi bukti kerja keras yang dilakukan Bob Sadino semasa hidupnya. Meskipun telah tutup usia, kesuksesan Bob Sadino memberikan inspirasi dan motivasi bagi banyak orang di Indonesia. 


Baca Juga : 9 Kunci Sukses Berbisnis Ala Jack Ma

Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "5 Usaha Bob Sadino Ini Masih Eksis Hingga Sekarang, Kaum Milenial Wajib Tau!"