9 Kunci Sukses Berbisnis Ala Jack Ma

Jack Ma pendiri AliBaba

Jack Ma merupakan seseorang pendiri perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Dalam mendirikan perusahaan yang ia bangun, banyak sekali jerih payah dan kejadian tidak mengenakan yang sudah dialami dalam mempertahankan usahanya hingga sekarang ini. Selain itu, semangat etos kerja Jack Ma belum tentu bisa ditiru banyak orang.

Sebagai pembisnis yang sukses, Jacak Ma selalu memberikan motivasi dan tips-tips berbisnis kepada banyak orang. Namun, apakah kalian tau, apa saja tips yang diberikan Jack Ma agar bisa sampai sekarang ini? Jika kalian penasaran, yuk simak informasi berikut ini.



Seseorang Harus Berani Bermimpi Besar 

Ketika mendirikan perusahaan Alibaba, Jack Ma memiliki keterbatasan dalam dunia komputer maupun teknologi. Padahal jika kita logika, bahwa perusahaan e-commerce membutuhkan keahlian di bidang tersebut. 

Nah pertanyaannya. mengapa Jack Ma bisa mendirikan perusahaan raksasa tersebut? Jawabannya adalah berani bermimpi besar. 

Walaupun keterbatasan di bidang komputer atau teknologi, namun Jack Ma tidak pantang menyerah dalam mewujudkan mimpi tersebut. Sehingga Jack Ma terus belajar dan belajar agar bisnisnya dapat direalisasikan. 

Menurut Jack Ma, dengan belajar seseorang bisa mengembangkan potensi diri yang ia miliki.

Pantang Menyerah 

Semangat pantang menyerah yang dimiliki Jack Ma dalam menjalankan usahanya patut diacungi jempol. Menurut Jack Ma kunci kesuksesan seseorang ketika memulai bisnis adalah memiliki jiwa pantang menyerah. Selain itu, Jack Ma beranggapan, jika seseorang menyerah terlebih dahulu maka hal tersebut merupakan kegagalan terbesar dalam hidupnya.

Jika kalian merasa capek, putus asa, hingga menemukan jalan buntu, kalian bisa rehat sebentar. Kemudian temukan solusi dari berbagai sudut pandang masalah kita.

Karena Jack Ma percaya, seseorang yang mampu belajar dari kegagalan, maka orang tersebut akan lebih siap dalam menghadapi rintangan selanjutnya.

Fokus Kepada Customer

Salah satu kunci kesuksesan Jack Ma dalam membangun usahanya adalah fokus. Jack Ma selalu bilang, bahwa dia hanya fokus apa yang dibutuhkan pelanggan. 

Menurut dia, pelanggan merupakan investasi jangka panjang dalam perkembangan bisnisnya. Bahkan saking fokusnya, Jack Ma sampai tidak memperhatikan kompetitornya. 

Selain itu, Jack Ma juga percaya ketika kita memikirkan kompetitor maka hal tersebut dapat membuang waktu kita saja dan tidak menghasilkan hal yang berguna. 


Berfikir Unik, Inovatif dan Kreatif

Orang yang sukses dalam mengembangkan perusahaannya pasti memiliki pemikiran kritis, inovatif,Unik, dan Kreatif. Dan lebih hebatnya, Jack Ma memiliki karakter tersebut. 

Dengan begitu, Jack Ma berharap bagi kaum muda agar meniru karakternya.

Jeli Melihat Peluang Bisnis

Orang Terkaya di China

Ketika mendirikan perusahaan Alibaba, Jack Ma melihat peluang tersebut dari masalah yang sering dialami pengusaha kecil di china, yaitu minimnya infrastrutur dan mentor dalam menjembatani dalam proses berjualan bagi pengusaha kecil. 

Dari masalah tersebut, Jack Ma bisa memanfaatkan kondisi tadi menjadi peluang yang sangat menjanjikan.

Memiliki Passion 

Jack Ma selalu bilang kepada para pegawainya agar bekerja dengan passion. Jika seseorang bekerja dengan ikhlas dan sepenuh hati maka hasilnya akan memuaskan. Selain itu, orang tidak akan merasa bosan dan capek ketika melakukan pekerjaan yang disukai. 

Rendah Hati

Dalam bisnisnya, Jack Ma selalu menganggap jika kompetitor sebagai teman seperjuangannya bukan sebagai musuhnya. Karena menurut Jack Ma, kita bisa mengambil banyak pelajaran dari kompetitor.

Selain itu, Jack Ma tidak pelit untuk berbagai ilmu dalam berbisnis. Maka dari itu, memiliki sikap rendah hati seperti Jack Ma patut kita tiru.

Pintar Memilih Karyawan 

Jack Ma selalu berhati-hati dalam memilih karyawannya, sehingga dalam memilih Jack Ma lebih memilih seseorang yang cerdas dan berusia muda. Jack Ma memiliki keyakinan, jika karyawannya cerdas dan muda, pasti mampu melihat dengan jeli berbagai masalah dengan baik. 

Selain itu, karyawan yang cerdas dianggap mampu bekerja dengan baik serta bisa memberikan solusi yang tepat. 


Tidak Cepat Berpuas Diri

Terkadang kita sering merasa cepat puas atas pencapaian yang kita raih, namun hal tersebut ternyata sangat membahayakan bagi seseorang untuk jangka panjang.

Ada berbagai contoh perusahaan besar dan sekarang ini lenyap begitu saja. Salah satu penyebab perusahaan tidak bisa berkembang yaitu kurangnya berinovasi.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan mereka merasa cukup atas pencapaiannya saat ini. Dengan kondisi berpuas diri maka perusahaan tersebut akan kalah berinovasi dengan perusahaan lainnya.

Jadi jangan berpuas diri dahulu ya sob atas pencapaian yang telah diraih sekarang ini. Terus gali potensi-potensi di dalam diri kalian, karena Jack Ma berpesan seseorang tidak bisa sukses jika tidak melakukan point-point penting tersebut.

Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "9 Kunci Sukses Berbisnis Ala Jack Ma"