Terapkan 4 Strategi Pemasaran Minuman Boba Berikut! Agar Cepat Balik Modal

Pemasaran Minuman Boba

Saat ini usaha minuman boba sedang naik daun dan banyak dijadikan incaran para pelaku usaha dibidang kuliner. Agar keuntungan yang didapatkan terus mengalir, Anda harus memperhatikan strategi pemasaran minuman boba yang akan diterapkan nanti.

Dalam semua bidang bisnis, pemasaran menjadi salah satu landasan utama yang menentukan tingkat kesuksesan sebuah bisnis. Dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat, usaha minuman boba yang Anda jalankan akan berkembang lebih pesat.

Strategi pemasaran sendiri merupakan kumpulan cara menjangkau target pelanggan dan cara memperkenalkan usaha minuman boba Anda kepada pelanggan. Tentunya ini bukan pekerjaan yang mudah, banyak pelaku usaha yang gagal menjalankan bisnisnya karena menggunakan strategi pemasaran yang kurang tepat.

Sebagai seorang pengusaha harus siap mempelajari dan memikirkan konsep strategi pemasaran yang sesuai untuk usaha yang dijalankannya. Sebagai gambaran mudah untuk menjalankan strategi pemasaran minuman boba setidaknya terapkan lima strategi pemasaran berikut ini.



Apa Saja Strategi Pemasaran untuk Bisnis Minuman Boba?


Sama halnya dengan bisnis lain, usaha minuman boba juga membutuhkan perencanaan pemasaran yang matang. Berikut ini strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan:

1. Memberikan Harga Promo Atau Diskon Kepada Pelanggan


Strategi pemasaran minuman boba yang satu ini sering kali digunakan pada bisnis ritel, kuliner, dan jasa layanan yang ingin menarik perhatian target pelanggannya. Sebelum memutuskan untuk memberikan harga promo atau diskon, pastikan Anda memperhitungkannya dengan benar agar tidak timbul kerugian yang cukup besar.

Banyak pelaku usaha yang mengatakan bahwa memberikan harga promo dilakukan sebagai bentuk sedekah atau reward kepada pelanggannya, namun dibalik itu sebenarnya ada strategi pemasaran yang terselubung. 

Oleh sebab itu jangan biarkan strategi pemasaran ini membuat Anda malah mengalami kerugian.


2. Gunakan Sosial Media Sebagai Alat Promosi

Aplikasi Media Sosial Marketing

Berkembangnya teknologi membuat pekerjaan semua orang menjadi lebih mudah dilakukan, termasuk dalam urusan pemasaran minuman boba. 

Dulu cara paling mudah mempromosikan suatu produk yaitu dengan memasang iklan baris di koran, menyebarkan brosur dan pamflet, dan memasang baliho.

Saat ini cara-cara tersebut sudah jarang dilakukan karena sebagian besar pelaku usaha baik yang berskala kecil hingga besar lebih memilih menggunakan strategi digital marketing. 

Strategi pemasaran minuman boba menggunakan digital marketing yang paling murah dan mudah yaitu dengan memanfaatkan media sosial.

Di zaman seperti sekarang siapa yang tidak punya akun media sosial? Sebagian besar masyarakat di Indonesia mulai dari remaja hingga dewasa pasti memiliki akun media sosial pribadi. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kinerja pemasaran pada usaha Anda.

Jika belum menguasai tentang digital marketing dan cara penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif. Anda bisa memulainya dengan cara yang sederhana, cukup bergabung di berbagai grup kuliner sekitar wilayah Anda di Facebook untuk menawarkan usaha minuman boba Anda.

Bisa juga dengan membuat akun Instagram yang berisi usaha minuman Anda dan serta hastag yang berkaitan di setiap postingan yang dibuat. 

Jika Anda ingin memaksimalkan strategi pemasaran menggunakan media sosial le lebih jauh lagi, sebaiknya Anda mempelajari tentang Facebook Ads dan Instagram Ads untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Baca Juga : 5 Aneka Usaha Minuman Unik dan Kekinian Hanya Modal 300 Ribu!

3. Membangun Komunikasi dan Pelayanan yang Baik dengan Pelanggan


Pasti Anda pernah mengalami waktu di mana Anda merasa sangat kesal atas pelayanan dan tutur kata yang dilontarkan oleh penjual. Rasa kekesalan tersebut akan berujung dengan rasa tidak ingin lagi membeli di tempat tersebut. Sebab itu penjual harus dengan sabar dan sopan melayani para pelanggannya.

Jika hal tersebut diabaikan dapat dipastikan usaha yang dijalankan tersebut tidak bisa bertahan lama. Ketika terjadi kendala atau masalah sebaiknya dikomunikasikan dengan baik-baik kepada pelanggan, agar mereka tidak salah paham dengan sikap Anda.

4. Membuat Postingan yang Menarik di Media Sosial untuk Menarik Pelanggan

Setelah memilih strategi pemasaran minuman boba menggunakan media sosial, hal yang harus dipikirkan adalah membuat postingan yang menarik. Jika hanya membuat postingan tentang penawaran barang saja mungkin semua orang bisa melakukannya. Tapi postingan yang demikian akan kurang mendapat attention dari target pelanggan Anda.

Anda perlu menjadi copywriter dadakan untuk membuat postingan dagangan menjadi lebih menarik dan dilihat banyak orang. Tenang, tidak perlu mengikuti kursus copywriting cukup belajar secara otodidak melalui internet sudahlah cukup.

Foto minuman boba yang ditawarkan juga harus terlihat menarik buat foto dagangan Anda estetik mungkin agar terlihat lebih menggugah selera.

Dari keempat strategi pemasaran minuman boba di atas bisa Anda dijadikan sebagai referensi untuk mendatangkan omset yang besar dan cepat mengembalikan modal awal usaha.



Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "Terapkan 4 Strategi Pemasaran Minuman Boba Berikut! Agar Cepat Balik Modal"