Inilah Peluang Usaha Gorengan Laris Manis (Analisis + Rincian Modal + Keuntungan)

Gorengan

Gorengan merupakan jajanan merakyat yang sering kita temui di pinggir-pinggir jalan. Jajanan gorengan sendiri biasanya terdiri dari berbagai jenis, diantaranya : tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng, ubi goreng, dan sebagainya.

Jika dilihat sekilas, peluang usaha gorengan dianggap sebelah mata dalam hal usaha menjanjikan. Namun perlu kalian tau, jika banyak sekali pendagang gorengan di luar sana yang berhasil menjalankan usahanya. Hasil yang diperoleh tidaklah sedikit, bahkan dalam sebulan, para pendagang gorengan bisa memperoleh omset jutaan rupiah.

Dari sini, kita akan mengupas peluang usaha gorengan secara lengkap, untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini.


Keuntungan Menjalankan Usaha Gorengan

Ada berbagai macam keuntungan yang bisa diperoleh ketikan memulai usaha gorengan. Keuntungan tersebut diantaranya : 
  • Jajanan yang banyak diburu banyak orang, karena rata-rata jajanan gorengan sangat ramah di kantong konsumen.
  • Hampir semua kalangan menyukai makanan gorengan.
  • Bahannya untuk membuat gorengan mudah didapat.
  • Tidak butuh tempat mewah dalam menjalankan bisnis ini.
  • Membuat jajanan gorengan tidak terlalu sulit.
  • Salah satu usaha dengan modal sedikit, untung besar.

Rincian Modal Usaha Gorengan

Setiap usaha pasti membutuhkan modal, sama seperti menjalankan usaha gorengan. Untuk lebih jelas, berikut gambaran modal yang diperlukan dalam menjalankan usaha gorengan. 

Gas dan Kompor = Rp 310.000
Gerobak = Rp 2.000.000
Peralatan Memasak = Rp 500.000
Biaya Lain-Lain = Rp 350.000

Jadi modal awal yang harus kalian siapkan berkisar Rp 3.160.000.

Perkiraan Biaya Operasional

Tidak hanya modal awal saja yang perlu kita perhitungkan, namun terdapat biaya operasional yang bisa kalian pertimbangkan untuk membuka usaha ini.

Biaya operasional tersebut diantaranya :
  • Bahan gorengan = Rp 3.500.000
  • Gas Elpiji = Rp 250.000
  • Biaya Lain-Lain = Rp 250.000 
Jadi total biaya operasional Rp 4.000.000.

Perkiraan Keuntungan Penjualan Gorengan

Jangan sekali-kali menganggap remeh orang yang sedang berjualan gorengan. Pasalnya, banyak orang yang mampu menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Bisa kita bayangkan, jika saat jualan laris manis, katakanlah harga gorengan Rp 1.000 dan tiap hari terjual 300 buah gorengan. Maka, keuntungan kotor yang didapat dalam satu bulan adalah  Rp 1.000 x 300 buah x 30 hari = Rp 9.000.000.

Untuk menghitung pendapatan bersih, kita bisa mengurangi keuntungan kotor dengan biaya operasional, maka Rp 9.000.000 - Rp 4.000.000 = Rp 5.000.000. Maka, kalian bisa memperoleh keuntungan hingga 5 juta perbulannya.

Strategi Jualan Gorengan Laris Manis

Ada strategi yang bisa kalian siapkan dalam menjalankan usaha gorengan. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak cara yang satu ini.

A. Memilih Lokasi Usaha Gorengan

Ada cara sederhana yang bisa dilakukan dalam menentukan tempat usaha. Pertama-tama pilihlah tempat yang letaknya sangat strategis untuk dilalui banyak orang. Selanjutnya pilihlah tempat yang mudah dilihat.

Nah, untuk lebih lengkapnya, kalian bisa membaca artikel berikut ini 7 Cara Menentukan Lokasi Usaha Yang Tepat.

B. Promosi Secara Online

Dari waktu ke waktu, pemasaran online menjadi peluang sendiri dalam mengembangkan usaha seseorang. Alasannya, karena pemasaran online di anggap sebagai media promosi yang sangat efektif. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk mempromosikan usaha secara online tidaklah banyak. 

Dengan memanfaatkan pemasaran online, suatu usaha bisa memperoleh konsumen yang cukup luas. Jadi, apakah kalian sudah memanfaatkan pemasaran online?

C. Raciklah Rasa Yang Pas

Tidak semua orang bisa membuat gorengan yang enak. Karena, ada resep khusus yang harus kalian temukan ketika berjualan gorengan. Maka dari itu, sebelum memulai usaha ini, sebaiknya kalian belajar terlebih dahulu dalam membuat gorengan yang pas.

Hal tersebut bertujuan agar konsumen bisa percaya dengan rasa yang kita buat. Dengan begitu, konsumen akan kembali membeli gorengan di tempat usaha kalian.

D. Persiapan Alat Untuk berjualan Gorengan

Ketika memulai usaha, pastikan kalian menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat gorengan. Dengan peralatan yang lengkap, proses pembuat gorengan akan semakin cepat. Sehingga pelanggan tidak menunggu lama ketika memesan gorengan.

E. Pelayanan Ramah

Dalam melayani para pelanggan, seseorang diwajibkan melayaninya dengan ramah. Dengan pelayanan yang optimal, pelanggan akan merasa puas. Sehingga, pelanggan akan kembali membeli gorengan kita.

F. Mengurus izin Usaha

Agar mendukung usaha kalian berkembang, saya sarankan untuk mengurus perizinan usaha. Dengan mengurus perizinan usaha, berarti kalian sudah mengatasi urusan pajak secara mudah.

Selain itu, dengan menyelesaikan surat izin usaha, maka besar peluang kalian bisa mengajukan kredit modal usaha di bank, bahkan kalian bisa mengembangkan usaha franchise.

G. Menentukan Karyawan

Ketika usaha kalian sudah berkembang, jangan lupa untuk merekrut karyawan. Nah dari sini, kalian harus memilih karyawan yang benar-benar tepat untuk usaha yang dijalankan. Jadi pilihlah karyawan dengan cermat ya sob. Utamakan jujur dan pekerja keras.

Posting Komentar untuk "Inilah Peluang Usaha Gorengan Laris Manis (Analisis + Rincian Modal + Keuntungan)"