Bisnis Modal Utang Atau Modal Seadanya? Ini Penjelasannya

Modal utang atau seadanya

Utang merupakan kalimat yang sering kita dengar dimanapun kita berada. Saking populernya, utang sering kali menimbulkan dampak negatif bahkan positif bagi setiap orang yang terlibat tentang hal dunia perutangan. 

Ngomong-ngomong soal utang, apakah kalian tau apakah definisi utang?

Hutang atau Utang adalah sesuatu yang dipinjamkan berupa uang ataupun benda kepada seseorang atau badan perusahaan. 

Namun dalam pembahasan ini, utang yang dimaksud adalah pinjaman uang, karena hal tersebut sering kali menjadi perbincangan di kehidupan kita.

Di dunia bisnispun, utang sering kali dijadikan bahan obrolan. Selain utang, kata yang menjadi bahan perbincangan adalah Modal. Karena utang dan modal merupakan pembahasan yang sangat menarik untuk kita dengar dan dibicarakan oleh para pembisnis.

Sesuai topik di atas, kita akan membahas mengenai "apakah dalam berbisnis kita butuh utang atau memakai modal seadanya?"

Tanpa disadari pertanyaan yang sepele ini kadang membuat seseorang bingung ketika baru pertama memulai bisnis. 



Nah untuk kalian yang kebingungan dalam menentukan utang atau modal seadanya dalam membuka usaha, kali ini saya akan memberikan penjelasan yang dapat membantu memecahkan masalah tersebut.

Penjelasan Utang

Orang Membagikan Uang

Jika kita lihat, para pembisnis atau pengusaha yang ada diluar sana, memiliki cara tersendiri dalam memulainya dengan cara meminjam uang atau dengan modal seadanya. 

Terkadang meminjam terkesan lebih simpel dan lebih enak untuk dilakukan. Tapi berhati-hatilah dengan cerita orang lain ketika kalian mempunyai niat meminjam uang ke seseorang bahkan bank berarti anda siap menerima resiko yang ada.

Diluar sana ada beberapa pembisnis yang sukses dengan cara meminjam uang sebagai modal awal, namun tidak sedikit pula orang yang gagal dalam melakukan cara tersebut.

Untuk itu saya akan memberikan rangkuman penjelasan mengenai bab meminjam uang yang lebih jelas lagi, agar kalian tidak salah tindakan ketika memulai berbisnis.

1| Tujuan Bisnis Jelas

Seorang guru bisnis

Ketika awal-awal membangun usaha, pasti dibutuhkan dana tidak terlalu kecil bahkan cenderung besar. Banyak yang menganggap, berutang merupakan solusi yang pas ketika seseorang mengembangkan usaha dengan cepat dan tentu bisa mengembalikan modal dengan cepat pula. 

Namun, sebelum anda berutang kepada seseorang atau bank, kalian harus mengetahui rencana bisnis yang jelas seperti 
  • Apa bisnis yang anda bangun?
  • Bagaimana bisnis anda bisa berjalan dari waktu ke waktu?
  • Memerlukan apa saja dalam membangun sebuah bisnis?
  • Bagaimana cara mengembalikan uang tersebut dalam waktu yang ditentukan ? 
  • Dan seterusnya.
Hal ini perlu kalian ketahui dengan jelas, agar kedepannya kalian bisa membedakan uang yang mana yang benar-benar digunakan untuk keperluan berbisnis. 

Jika sudah mengetahui bagaimana tujuan berbisnis yang kalian kerjakan bagaimana, selanjutnya kalian akan lebih fokus dengan bisnis yang kalian lakukan. Dalam hal ini, kalian sudah memiliki perhitungan modal awal yang diperlukan.

2| Momen Yang Pas

Membaca berita di Ponsel

Untuk mendukung bisnis kalian lancar, diperlukan waktu yang tepat dalam berutang kepada seseorang ataupun bank. 

Kalian harus tau, kapan waktu yang tepat ketika membutuhkan modal dan tau kapan harus mengeluarkan modal dan kemana modal tersebut akan digunakan. 

Dengan rencana keuangan yang jelas, maka kalian akan lebih tenang menghadapi hal tersebut karena hal tersebut sudah terancang jelas. 

3| Jangan Dicampur Uang Pribadi

Nota Untuk Belanja

Jika kalian sudah memutuskan untuk menjalin kesepakatan meminjam uang. Hal dasar yang harus kalian lakukan adalah memisahkan uang modal dengan uang pribadi kalian. 

Sebab jika uang tersebut kalian campur maka perhitungan modal akan terganggu, dan bisa-bisa modal yang kalian pinjam tidak bisa dikembalikan. Maka dari itu, kalian harus cermat lagi dalam mengelola keuangan.

4| Bayar Tepat Waktu

Sedang Menggunakan Transaksi Kartu Kredit

Ketika modal yang digunakan berhasil dalam mengembangkan bisnis, jangan lupakan tentang perjanjian utang kalian. 

Jika sudah terikat dengan perjanjian utang, kalian harus memiliki kewajiban yang untuk membayarnya. Jangan sampai ketika anda memiliki uang yang cukup untuk membayar utang tersebut malah kalian jadikan untuk hal lainnya. 


Penjelasan Modal Seadanya

Seseorang yang kebingungan

Modal seadanya yang dimaksud disini adalah membangun sebuah bisnis dengan modal yang dipunyai pemiliknya dan tergolong kecil.

Jika kalian berbisnis dengan modal seadanya, memang membutuhkan ekstra kerja keras dalam membangun bisnis agar lebih berkembang. 

Namun tahukah kalian, berbisnis dengan modal seadanya memiliki keuntungan tersendiri. Keuntungan yang kalian dapat dengan modal tersendiri seperti
  1. Lebih tenang dalam memulai usaha
  2. Lebih tau tentang cara merintis usaha dari awal
  3. Lebih paham tentang masalah masalah keuangan
  4. Lebih fokus dan berusaha lebih keras
  5. Berlatih sabar menghadapi bisnis yang dibangun
  6. Dan masih banyak lagi
Namun dengan modal seadanya apakah bisa berkembang dan bisa sukses?

Tidak ada kata yang tidak mungkin dalam berbisnis, dengan modal seadanya pun diluar sana banyak sekali orang yang berhasil mengembangkan bisnisnya. 

Namun dalam setiap prosesnya, bisnis dengan modal seadanya memiliki resiko relatif kecil dan dalam mencapai keberhasilan dalam menjalankan bisnispun rata-rata harus melalui tahapan yang cukup lama.

Dalam hal ini, apakah seseorang bisa sukses dengan cepat? sangat bisa, tergantung bagaimana seseorang menerapkan strategi dalam berbisnis yang dijalankan.

Maka dari itu butuh kerja ekstra keras dan cerdas dalam mencari momen yang sangat pas dalam berbisnis. 

Kesimpulan Utang dan Modal Seadanya

Sedang Mencari Solusi

Dari kesimpulan diatas, utang dan modal seadanya sama-sama memiliki peranan penting digunakan seseorang untuk membuka suatu bisnis.

Namun kalian harus tau, dengan modal seadanya sebuah bisnis bisa berjalan dan bisa berkembang dengan menerapkan strategi yang matang. Tetapi, membutuhkan proses yang terbilang cukup lama untuk mencapai sebuah kesuksesan. 

Disisi lain utang merupakan alternatif terakhir ketika seseorang ingin membuka sebuah bisnis. Hal tersebut didukung dengan persiapan analisis usaha yang cukup matang dan harus tau bagaimana cara mengelola keuangan bisnis tersebut. Karena meminjam modal memiliki resiko besar, tetapi disisi lain jika berhasil dapat mengembalikan modal dengan waktu yang cepat pula. 

Satu hal lagi, jika ingin berutang saya sarankan usaha yang kalian jalankan sudah berjalan, dan ketika ingin mengembangkan usaha lagi pinjaman modal bisa dijadikan sebagai solusi yang sangat berarti untuk anda. 

Jadi keduanya bisa dijadikan alternatif bagi kalian yang ingin berbisnis.


Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "Bisnis Modal Utang Atau Modal Seadanya? Ini Penjelasannya"