12 Manfaat Investasi Yang Jarang Diketahui Banyak Orang


Investasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam menanamkan modalnya baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan harapan pemilik modal mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Investasi sering dianggap sebagai hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Hal tersebut bisa terjadi karena seseorang belum tau tentang manfaat investasi sebenarnya.

Saat ini ada berbagai macam investasi yang perlu kalian ketahui, diantaranya pasar uang, obligasi, saham hingga emas. Untuk lebih jelas mengenai jenis investasi kalian bisa klik disini.

Agar kalian semua tau apa saja manfaat investasi, simak informasi berikut ini.


 

1 Penghasilan Bertambah


Investasi merupakan salah satu cara agar penghasilan seseorang bisa bertambah. 

Contohnya sebagai berikut, seseorang menyisihkan gaji untuk digunakan sebagai investasi. Jika seseorang pintar menganalisis dan tau penempatan investasi yang tepat, maka suatu saat penghasilan kalian akan bertambah.

Dengan begitu seseorang tidak perlu tergantung pada gaji bulanan.

2 Nilai Uang Akan Bertambah


Jika seseorang menabung di bank, pasti uang tersebut bisa terpotong terus karena adanya sistem bunga. Hal tersebut disebabkan oleh biaya administrasi bank. 

Walaupun terlihat kecil, namun uang tersebut akan bersifat pasif tanpa adanya peningkatan dari waktu ke waktu.


Maka dari itu, salah satu cara agar keuangan seseorang dapat meningkat yaitu berinvestasi. Karena dalam jangka panjang, investasi lebih bermanfaat dan menguntungkan.

Contoh : jika seseorang berinvestasi emas dalam jangka waktu yang panjang, pasti harga emas akan naik. Dengan begitu, investasi yang dilakukan menghasilkan profit bagi seseorang itu sendiri.

3 Profit Dari Efek Compounding


Bagi yang belum tau apa itu efek compounding? berikut adalah penjelasan singkatnya :
Efek Compounding adalah sebuah aset yang dimiliki seseorang yang mampu menghasilkan keuntungan, dan kemudian keuntungan tersebut diinvestasikan agar menghasilkan keuntungan lagi.

Efek compounding sering kali menjadi salah satu favorit bagi para investor, karena dapat mempercepat tujuan keuangan yang di idam-idamkan. 

Jika ingin berinvestasi cara ini, sebaiknya seseorang memulainya dari sekarang. Karena investasi ini sangat baik untuk jangka panjang.

4 Menghindari Inflasi


Hampir di pastikan, dari tahun ke tahun negara kita mengalami inflasi. Bagi yang belum tau apa itu inflasi, berikut penjelasanya
Inflasi merupakan suatu proses meningkatnya harga barang secara meluas dari waktu ke waktu dan bisa juga terjadi secara terus-menerus. Jika terdapat harga salah satu barang saja yang naik, maka itu tidak bisa dikatakan inflasi

Maka dari itu, investasi menjadi salah satu senjata dalam mengamankan uang anda dari masalah inflasi. 

Dengan investasi yang baik, seseorang bisa meningkatkan pertumbuhan keuangannya yang lebih tinggi lagi.

5 Tercapainya Financial Freedom


Semua orang pasti ingin di dalam kehidupannya merasakan financial freedom. 

Sederhananya, financial freedom merupakan keadaan yang dialami seseorang ketika memiliki financial yang cukup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Maka dari itu, berinvestasi merupakan salah satu solusi alternatif untuk mencapai tujuan tersebut



6 Pensiun Dini

Orang terlihat senyum dan bahagia

Setiap orang pasti ingin menikmati masa-masa pensiunya dengan tenang tanpa harus memikirkan financial secara berlebihan di masa yang akan datang.

Dengan cara berinvestasi, seseorang bisa mencapai tujuan tersebut. 

Maka dari itu, jika kalian masih mudah sebaiknya persiapkan financial anda secara baik dan matang, agar masa pensiun nanti seseorang bisa menikmati gaya hidup leha-leha.

7 Pengetahuan Luas


Berinvestasi secara tidak langsung mengajarkan seseorang untuk terus belajar tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Dengan begitu, pengetahuan tentang mengelola keuangan seseorang akan terus bertambah.

8 Melatih Mengambil Keputusan


Dalam berinvestasi, seseorang diajarkan untuk menentukan pilihan yang terbaik dalam mencapai financial yang diinginkan.

Melalui analisa yang tepat dan wawasan yang luas, berinvestasi cukup mudah dilakukan seseorang.

Dengan begitu, seseorang bisa tenang dalam menentukan investasi yang diinginkan, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

9 Melatih Tanggung Jawab


Selain melatih pengetahuan dan melatih mengambil keputusan, ternyata manfaat investasi lainnya adalah melatih tanggung jawab.

Contohnya : 
Seseorang sedang berinvestasi di salah satu perusahaan yang ia yakini. Dalam investasinya tersebut, seseorang harus bertanggung jawab jika suatu saat terjadi kerugian di perusahaan tersebut. Sehingga kerugian tersebut akan berdampak pula dengan investasi yang kalian ambil.

Maka dari itu, dalam berinvestasi diperlukan sebuah analisa yang tepat dalam menentukan untung rugi investasi yang dipilihnya. 

10 Menambah Pengalaman


Jika bisa menentukan cara berinvestasi yang baik dan benar berarti pengalaman seseorang dalam dunia investasi sangatlah baik.

Dengan begitu, seseorang bisa berbagi ilmu kepada orang lain mengenai cara berinvestasi dengan tepat. 

Karena tanpa pengalaman, seseorang tidak bisa memberikan ilmu investasi kepada orang lain.

11 Memajukan Negara Kita

Mengambarkan Pembangunan Ekonomi Maju

Negara kita sebenarnya memiliki sumber daya alam yang melimpah dan pasar domestik yang sangat besar. Tanpa kita sadari, salah satu manfaat investasi yaitu memajukan negara kita sendiri untuk jangka panjang.

Setidaknya ada 3 manfaat investasi yang kita lakukan di pasar modal negara kita, diantaranya mengurangi pengangguran, memajukan negara dalam jangka panjang, hingga meningkatnya pendapatan per kapita.

Bagi para pemula, kalian bisa menggunakan salah satu aplikasi investasi terbaik yang bisa kalian coba, untuk selengkapnya klik disini.

12 Membuat Senang


Setelah membaca manfaat tersebut, diharapkan para pembaca lebih paham manfaat investasi sebenarnya. Jika hal tersebut dilakukan dan mendapatkan hasilnya yang cukup bagus, seseorang pasti akan senang dan akan semakin sadar untuk berinvestasi.

Semoga bermanfaat... 
Anggi Wicaksono
Anggi Wicaksono Founder Profitnesia.com | Penulis Artikel SEO | Spesialis Pembuatan Nama Brand dan Perusahaan

Posting Komentar untuk "12 Manfaat Investasi Yang Jarang Diketahui Banyak Orang"